Jumat 16 Dec 2022 11:09 WIB

Wasit Asal Polandia Bakal Pimpin Partai Final Piala Dunia 2022

Marciniak jadi wasit asal Polandia pertama yang memimpin laga final Piala Dunia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain Argentina melakukan pemanasan saat sesi latihan menjelang pertandingan final Piala Dunia 2022 Qatar antara Argentina dan Prancis di Doha, Qatar, Kamis, 15 Desember 2022.
Foto: AP/Francisco Seco
Para pemain Argentina melakukan pemanasan saat sesi latihan menjelang pertandingan final Piala Dunia 2022 Qatar antara Argentina dan Prancis di Doha, Qatar, Kamis, 15 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Wasit asal Polandia, Syzmon Marciniak, ditunjuk untuk menjadi pengadil di atas lapangan dalam partai puncak Piala Dunia 2022 Qatar, antara Prancis kontra Argentina, Ahad (18/12/2022) malam WIB. Marciniak pun menjadi wasit asal Polandia pertama yang memimpin partai final Piala Dunia.

Dua koleganya asal Polandia, Pawel Sokolnicki dan Tomasz Listkiewicz, akan membantu Marciniak sebagai asisten wasit 1 dan asisten wasit 2 di laga tersebut. Selain itu, Tomasz Kwiatkowski, yang berasal dari Polandia, dan wasit asal Venezuela, Juan Soto, akan mendapatkan amanat sebagai petugas Video Assistant Referee (VAR) dalam laga yang bakal digelar di Stadion Lusail tersebut.

Baca Juga

''Marciniak telah terpilih untuk memimpin partai final dalam edisi ke-22 turnamen sepak bola terbesar sejagat tersebut. Pemilihan ini dilakukan oleh Komite Wasit FIFA, yang dipimpin wasit asal Italia, Pierluigi Collina,'' tulis laporan Sports Mole, Jumat (16/12/2022).

Dari total 36 wasit di Piala Dunia 2022, Komite Wasit FIFA telah menunjuk 12 wasit untuk tetap bertahan di sisa turnamen. Selain Marciniak, daftar itu juga diisi oleh sejumlah wasit papan atas, seperti Anthony Taylor, Cesar Ramos, Ismale Elfath, dan Wilton Sampaio. Sementara Michael Oliver dan Antonio Mateu Lahoz sudah tidak lagi dilibatkan pada sisa Qatar 2022.

Berdasarkan lansiran Sport Center, Collina selaku Ketua Komite Wasit FIFA menilai, Marciniak memiliki kemampuan mumpuni untuk bisa memimpin partai puncak Piala Dunia 2022. Penilaian ini berdasarkan rapor bagus dan kinerja memuaskan wasit berusia 41 tahun itu selama memimpin sejumlah pertandingan di Qatar 2022.

Sebelumnya, Marciniak dipercaya memimpin laga Prancis kontra Denmark pada laga keempat penyisihan Grup D, pertengahan bulan lalu. Saat itu, Prancis sukses membungkam Denmark, 2-1.

Tidak hanya itu, Marciniak juga menjadi pengadil di atas lapangan saat Argentina membungkam Australia, 2-1, di babak 16 besar. Dengan begitu, partai final menjadi laga kedua Marciniak memimpin pertandingan Argentina di gelaran Piala Dunia 2022.

Wasit yang memulai kiprah pada usia 21 tahun itu diketahui telah mengantongi lisensi wasit FIFA sejak 2011 silam. Marciniak telah ambil bagian dalam korps wasit di pentas Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Sempat absen di gelaran Piala Eropa 2020 lantaran masalah kesehatan, Marciniak akhirnya kembali dipercaya secara reguler memimpin laga di pentas Liga Champions dan Liga Europa.

Kinerja wasit di Piala Dunia 2022 ini sempat mendapatkan sorotan tajam. Sejumlah kapten tim kontestan, mulai dari Luka Modric dan Lionel Messi sempat mengeluarkan kritik pedas terhadap kempimpinan wasit.

Baca juga : Pemain Banyak Tampil di Piala Dunia 2022, Man City akan Dapat Bonus Terbesar dari FIFA

Terakhir, Federasi Sepak Bola Maroko dikabarkan telah mengirimkan protes resmi ke FIFA terkait kinerja wasit asal Meksiko, Cesar Ramos, saat Maroko dibekap Prancis, 0-2, di babak semifinal, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Dalam laga tersebut, Ramos dinilai alpa dalam memberikan hadiah penalti buat Singa Atlas pada babak pertama, tepatnya saat Sofiane Boufal dilanggar oleh Theo Hernandez. Ramos justru memberikan kartu kuning kepada Boufa, yang malah dianggap melakukan pelanggaran terhadap Hernandez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement