Jumat 16 Dec 2022 18:54 WIB

Arab Saudi dan Rusia Sepakati Program Eksklusif Rehabilitasi Imam dan Muadzin

Arab Saudi dan Rusia bekerjasama dalam program-program deradikalisasi

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi umat Islam Rusia. Arab Saudi dan Rusia bekerjasama dalam program-program deradikalisasi
Foto: AP/Alexander Zemlianichenko
Ilustrasi umat Islam Rusia. Arab Saudi dan Rusia bekerjasama dalam program-program deradikalisasi

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH – Menteri Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan Arab Saudi Sheikh Dr Abdullatif Bin Abdulaziz Al-Sheikh menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama Kepala Administrasi Agama Muslim Rusia Sheikh Rawi Ain Al-Deen. 

MoU seputar program eksekutif ini sebelumnya telah ditandatangani antara kedua belah pihak di bidang Islam. 

Baca Juga

Kedua belah pihak sepakat untuk melaksanakan program eksekutif MoU melalui saluran diplomatik untuk tahun 2023 hingga 2025. 

Mereka juga sepakat akan mengadakan sesi pelatihan ilmiah di Rusia untuk merehabilitasi para da'i, imam dan muadzin, untuk memperkenalkan Islam dan menjelaskan kebaikan, toleransi, dan pemberantasan ekstremisme. 

Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (16/12/2022), program eksekutif ini juga meminta kedua belah pihak mengklarifikasi posisi mereka tentang isu-isu saat ini. 

Tidak hanya itu, salinan Alquran dari Kompleks Raja Fahd akan disalurkan ke Dewan Mufti Shoura Rusia dan administrasi keagamaan umat Islam di Rusia. 

Menteri Urusan Islam, Seruan dan Bimbingan kembali menegaskan, di bawah kepemimpinan Penjaga Dua Masjid Suci dan Presiden Rusia Vladimir Putin, hubungan kedua negara mengalami pertumbuhan dan kerja sama yang signifikan di berbagai bidang. 

Dia menambahkan, Kerajaan Arab Saudi telah membuat kemajuan sejarah dalam waktu singkat, terutama dalam layanan yang ditawarkannya kepada umat Islam di seluruh dunia, seperti toleransi dan penentangan terhadap ekstremisme. 

Tidak hanya itu, Dr Al-Sheikh juga menerima Ketua Asosiasi Ahl Al-Hadith di Bangladesh Dr Abdullah Farooq dan delegasi pendampingnya, yang saat ini sedang mengunjungi Kerajaan. 

Kedua belah pihak menggarisbawahi hubungan kuat antara kedua negara, didasarkan pada pemahaman dan kerja sama di berbagai bidang yang melayani kedua negara. 

Menteri menekankan peran penting yang dimainkan oleh Asosiasi Ahl Al-Hadith dalam menyebarkan Islam yang benar, mengajar orang-orang tentang agama mereka, serta menggunakan teknologi modern untuk melayani umat Islam. 

Lebih lanjut, dia pun menyatakan harapannya akan keberhasilan asosiasi untuk segala hal yang dilakukan, dalam melayani umat Islam di Bangladesh. 

Di kesempatan itu Farooq lantas memuji hubungan persaudaraan antara kedua negara, serta dukungan Kerajaan kepada pemerintah dan rakyat Bangladesh.  //  Zahrotul Oktaviani  

 

https://saudigazette.com.sa/article/628038/SAUDI-ARABIA/Dr-Al-Sheikh-Sheikh-Al-Deen-sign-executive-program-for-rehabilitating-Russian-imams-and-muezzins

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement