Jumat 16 Dec 2022 20:50 WIB

Ini Sejumlah Hal yang Perlu Anda Ketahui Jelang Final Piala Dunia Argentina Vs Prancis

Prancis dan Argentina sama-sama mengoleksi dua gelar juara Piala Dunia.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Lionel Messi dari Argentina akan berlaga di final Piala Dunia 2022 melawan Prancis, Ahad (18/12/2022)
Foto: AP/Hassan Ammar
Lionel Messi dari Argentina akan berlaga di final Piala Dunia 2022 melawan Prancis, Ahad (18/12/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pertandingan final antara Argentina vs Prancis akan menjadi laga puncak di Piala Dunia Qatar 2022. Kedua tim akan bentrok di Stadion Lusail, Ahad (18/12/2022) malam WIB.

Ada hal menarik dari final kali ini. Ketika bagan pertandingan Piala Dunia 2022 pertama kali keluar, sebagian penggemar sudah memimpinkan laga final akan mempertemukan Argentina dan Prancis.  

Baca Juga

Les Bleus adalah juara bertahan. Tidak ada negara yang memenangkan trofi Piala Dunia berturut-turut dalam 60 tahun setelah Brasil pada 1962.

Skuad asuhan Didier Deschamps itu memasuki pertandingan dengan semangat tinggi dan tim penuh bakat. Pemain paling menonjol tentu saja Kylian Mbappe. Dia telah mencetak lima gol di turnamen ini, lebih banyak dibandingkan empat tahun dengan empat gol.

Dia memiliki kecepatan yang luar biasa dan mengolah bola dengan sangat baik. Baru berusia 23 tahun, penyerang Paris Saint-Germain itu disandingkan dengan legenda Brasil, Pele, setelah pada 2018 menjadi pemain remaja pertama yang mencetak gol di Piala Dunia.

Tahun ini, ia melampaui rekor pencetak gol Piala Dunia Pele untuk pemain di bawah 24 tahun dengan 9 gol. Tidak seperti Messi, Mbappe sudah pernah mengangkat trofi Piala Dunia saat berlaga di Rusia. Perhatian tim Prancis juga kemungkinan akan tertuju pada Olivier Giroud dan Antoine Griezmann, yang sama-sama bersinar di Qatar.

Di sisi lain, kedua negara telah memenangi turnamen ini dua kali. Prancis pada edisi 1998 dan 2018, sementara Argentina pada 1978 dan 1986. 

Bagi bintang Argentina, Lionel Messi, Piala Dunia menjadi satu-satu trofi yang belum dirasakannya.

Sosok berusia 35 tahun itu adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ada. Namun dia belum juga mengangkat trofi Piala Dunia bersama negaranya. 

Penyerang PSG itu pernah tampil di final pada 2014, tapi Argentina kalah dari Jerman. Kini, dengan anggapan Piala Dunia Qatar menjadi yang terakhir bagi La Pulga, Messi hanya punya satu kesempatan lagi.

Dikutip dari NPR, Jumat (16/12/2022), saat melawan Prancis nanti, Messi akan memecahkan rekor sebagai pemain terbanyak yang tampil di Piala Dunia. Pada awal turnamen, ia mencetak gol ke-11nya, yang membuatnya menjadi top skor Argentina sepanjang masa di Piala Dunia. 

Messi juga berpeluang mendapatkan sepatu emas atau Golden Boot, usai mencetak lima gol, sama dengan torehan Mbappe. Messi punya keunggulan dengan tiga assist berbanding dua yang dimiliki Mbappe.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement