Sabtu 17 Dec 2022 09:13 WIB

Arif Satria Sabet Penghargaan Academic Leader Tahun 2022 dari Kemdikbudristek

Arif Satria meraih penghargaan Kategori Rektor PTN BH

Rektor IPB University Prof Arif Satria
Foto: Dok IPB University
Rektor IPB University Prof Arif Satria

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Rektor IPB University, Prof Arif Satria menorehkan  prestasi Academic Leader Tahun 2022 Kategori Rektor Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).  Penghargaan tersebut diterima  pada Malam Anugerah Diktiristek Tahun 2022 di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Anugerah Academic Leaders merupakan bentuk apresiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kepada rektor dan dosen yang telah konsisten berkarya dan berinovasi bagi kemajuan pembangunan nasional.

Baca Juga

Terpilihnya Prof Arif Satria untuk menerima penghargaan ini karena kiprah kepemimpinannya di perguruan tinggi. Prof Arif Satria menjabat sebagai Rektor IPB University sejak tahun 2017.  Kiprahnya sebagai rektor telah memberikan banyak inspirasi bagi  banyak orang. Dikenal sebagai pemimpin muda yang inspiratif, ia banyak didaulat sebagai pembicara di berbagai ajang seminar, diskusi dan kegiatan ilmiah lainnya, berbagi perspektif dan pengalaman kepemimpinan sehingga tak heran, kondisi ini mengantarkannya sebagai sosok yang sangat popular baik di kalangan akademisi maupun kalangan masyarakat umum di tanah air.

Tak hanya dikenal di dunia kampus, Prof Arif juga dikenal luas di kalangan masyarakat umum, mulai dunia profesi hingga politisi.  Kapasitas kecendekiaannya juga menjadikan dirinya dinobatkan sebagai ketua umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) periode 2021-2026.

Kepada public, Prof Arif banyak berbagi insight soal bagaimana menghadapi tantangan era disrupsi, tantangan berinovasi, energi untuk memberikan solusi, pentingnya kekuatan karakter dan integritas sumberdaya manusia agar menjadi pemenang dalam dunia yang kian kompetitif.  Maka ia banyak menyinggung bagaimana menjadi agile learner, berorientasi future practice, growth mindset, memiliki  grit yang kuat yaitu ketekunan dan semangat untuk mencapai tujuan dalam jangka panjang.

Tak hanya itu, ia juga banyak memberikan pandangan terkait kunci-kunci kemajuan bangsa melalui berbagai paparannya di berbagai forum dan ajang diskusi.  Penghargaan yang diraihnya hari ini menjadi cerminan sharing pemikiran yang telah Prof Arif lakukan untuk publik.

Arif juga telah membawa IPB memperoleh 16 Penghargaan Anugerah Diktiristek 2022 serta sejumlah penghargaan sepanjang lima  tahun kepemimpinannya di IPB. Termasuk IPB meraih Terbaik 1 SDGs Action Award 2022 dari Menteri/Kepala Bappenas.

Atas diberikannya penghargaan ini, Prof Arif menyatakan rasa syukurnya.  “Alhamdulillah,  hingga hari ini saya masih diberikan kesempatan untuk berkontribusi dan berbagi.  Semoga sedikit kontribusi ini dapat berpengaruh terhadap upaya memajukan masyarakat dan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan. Terima kasih atas dukungan  dan kekompakan seluruh Civitas Akademika IPB serta para alumni“ ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement