Ahad 18 Dec 2022 08:36 WIB

Kroasia Bangga Raih Peringkat Tiga, Puji Penampilan Ulet Maroko

Luka Modric mungkin menjalani laga terakhirnya bersama Kroasia saat melawan Maroko.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Kroasia Zlatko Dalic, kanan, dan Luka Modric dari Kroasia berpose untuk foto setelah kemenangan mereka dalam pertandingan sepak bola playoff perebutan tempat ketiga Piala Dunia melawan Maroko di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Sabtu, 17 Desember 2022.
Foto: AP/Hassan Ammar
Pelatih kepala Kroasia Zlatko Dalic, kanan, dan Luka Modric dari Kroasia berpose untuk foto setelah kemenangan mereka dalam pertandingan sepak bola playoff perebutan tempat ketiga Piala Dunia melawan Maroko di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Sabtu, 17 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Kroasia mengakhiri Piala Dunia 2022 dengan kebanggaan. Vatreni finis di tempat ketiga usai menang 2-1 atas Maroko di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan. Hasil ini bukan hanya menandai akhir perjalanan, melainkan juga menjanjikan masa depan yang cerah, kata pelatih Zlatko Dalic pada Sabtu (17/12/2022)

Kroasia, yang menempati posisi runner-up pada 2018, menang lewat gol Josko Gvardiol dan Mislav Orsic untuk mengakhiri Piala Dunia mereka dengan sangat baik. Laga ini juga kemungkinan akan menjadi pertandingan terakhir Luka Modric di Piala Dunia.

Baca Juga

Kroasia mengalahkan Brasil di perempat final, tetapi bagi Dalic, pertandingan memperebutkan medali perunggu kontra Maroko adalah puncak penampilan mereka di Qatar.

"Bagaimanapun, pertandingan terakhir yang kami mainkan. Jika Anda ingat, saya telah mengatakan jika kami kalah, itu akan menjadi bencana," kata Dalic, yang memberikan penghormatan kepada mantan gelandang Serbia Sinisa Mihajlovic setelah kematiannya pada Jumat (16/12/2022).

"Itu adalah pertandingan yang sulit dan hebat. Saya ingin menyampaikan selamat kepada Maroko, mereka berjuang keras hingga menit terakhir, meski kelelahan. Mereka bisa bangga, mereka mengingatkan saya pada kami empat tahun lalu. Kami termasuk tim terbaik di dunia," kata Dalic.

Ia mengatakan, Kroasia sekarang dapat menatap masa depan dengan percaya diri. Pertandingan dan kemenangan lawan Maroko disebutnya momen turnamen bagi Kroasia. 

"Ya, ini adalah Piala Dunia terakhir untuk beberapa pemain saya hari ini karena usia mereka. Namun kami memiliki pemain muda di tim dan itu bagus untuk Kroasia," ujar dia, merujuk pada pemain terbaik Josko Gvardiol, tetapi juga Lovro  Majer dan Borna Sosa. Dalic juga mengaku memiliki banyak pemain di bangku cadangan.

Akan tetapi, Dalic masih mengandalkan skuad lamanya untuk Liga Bangsa-Bangsa dan kualifikasi Euro 2024. Sebab, ia percaya pengaruh pemain senior masih diperlukan.

"Kami tidak akan sejauh itu tanpa pemain kami yang lebih tua. Kami memiliki masa depan yang cerah, Kroasia tidak perlu takut. Apakah ini akhir dari sebuah era untuk satu generasi? Ya, kami masih memiliki Liga Bangsa-Bangsa dan kualifikasi Euro. Saya tahu bahwa Kroasia memiliki masa depan yang cerah," jelasnya.

Kroasia lolos ke empat besar UEFA Nations League yang akan dimainkan pada bulan Juni bersama Italia, Spanyol, dan Belanda. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement