Senin 19 Dec 2022 19:44 WIB

BNPB Imbau Masyarakat Waspada Bencana Saat Libur Akhir Tahun

Harus jadi kewaspadaan bersama bagi masyarakat yang akan liburan.

Petugas BMKG memantau perkembangan gempa (ilustrasi).
Foto: Antara/Izaac Mulyawan
Petugas BMKG memantau perkembangan gempa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat yang ingin liburan akhir tahun untuk selalu mengecek prakiraan cuaca. Agar dapat mewaspadai bencana hidrometeorologi akibat musim penghujan. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari mengatakan ada tiga wilayah yang menjadi perhatian karena padat penduduk, yakni Jawa bagian tengah ke barat, Sulawesi dari Tengah ke Selatan, dan timur Papua tepatnya bagian tengah hingga ke selatan.

"Ini harus jadi kewaspadaan bersama bagi masyarakat yang mungkin akan menghabiskan waktu bersama keluarga, anak-anak sudah libur, dan lain-lain bersiap untuk mungkin tahun baru, jangan lupa untuk memperhatikan prakiraan cuaca," ujarnya dalam konferensi pers bertajuk pengarahan bencana yang dipantau di Jakarta, Senin (19/12/2022).

Baca Juga

Sepanjang 12 sampai 18 Desember 2022, BNPB mencatat total bencana di Indonesia mencapai 45 kejadian yang didominasi oleh bencana hidrometeorologi berupa 22 kali banjir, 14 kali cuaca ekstrem, dan delapan kali tanah longsor. Serta hanya ada satu kali kejadian gempa bumi.

Kejadian bencana yang terjadi di 10 provinsi tersebut menyebabkan satu orang meninggal dunia, 18 orang luka-luka, 6.724 rumah terendam, 620 rumah rusak, tiga fasilitas pendidikan rusak, 34 fasilitas peribadatan rusak, dan satu jembatan rusak.

Abdul menjelaskan Indonesia saat ini sudah masuk pekan ketiga Desember, artinya Indonesia secara monsun yang normal sudah masuk musim hujan. Menurutnya, meski Indonesia sudah mengalami banyak kejadian bencana hidrometeorologi sepanjang Oktober sampai November 2022, masyarakat harus tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

"Kita sudah harus kembali waspada untuk Januari sampai Februari 2023 yang mungkin ini merupakan puncak dari musim hujan," kata Abdul. 

Lebih lanjut ia mengimbau pemerintah daerah untuk menyiapkan penanganan dan mitigasi bila terjadi bencana terkhusus daerah yang rentan mengalami banjir dan tanah longsor, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement