Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hanafi Alrayyan

Pola Hidup Minimalisme Itu Sejalan dengan Nilai Islam, Berikut Penjelasannya.

Agama | Tuesday, 20 Dec 2022, 07:51 WIB

Pola hidup minimalisme adalah sebuah gaya hidup yang menekankan pada kebutuhan yang paling esensial dan menghindari kelebihan atau kebanyakan dalam hal apapun. Banyak orang yang memilih pola hidup ini karena berbagai alasan, seperti mengurangi beban finansial, mengurangi tingkat stres, atau mengalokasikan lebih banyak waktu dan energi untuk hal-hal yang lebih penting bagi mereka.

Dalam pandangan Islam, pola hidup minimalisme tidak secara langsung diatur atau diperintahkan. Namun, terdapat beberapa prinsip-prinsip dasar dalam Islam yang mendorong orang untuk hidup sederhana dan menghindari kelebihan atau kebanyakan.

Pertama, Islam menekankan pentingnya bersikap sabar dan bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah kepada manusia. Bersikap sabar dan bersyukur bukan hanya merujuk pada pengertian emosi, tetapi juga merujuk pada tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Islam, sikap sabar dan bersyukur merupakan salah satu cara untuk menunjukkan ketaatan kepada Allah dan untuk tidak merasa tidak puas dengan apa yang telah diberikan kepada kita.

Kedua, Islam juga menekankan pentingnya bersikap adil dalam mengelola harta benda. Hal ini merujuk pada prinsip "zakat" atau sedekah yang harus diberikan oleh setiap orang yang memiliki kelebihan harta kepada orang-orang yang membutuhkan. Menurut Islam, prinsip ini merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya ketimpangan sosial dan untuk membantu orang-orang yang kurang mampu.

sumber: pixabay.com

Ketiga, Islam juga menekankan pentingnya bersikap sederhana dan tidak sombong dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Islam, sikap sederhana dan tidak sombong merupakan salah satu cara untuk menunjukkan rasa hormat dan tidak menganggap rendah orang lain, serta untuk tidak merasa superior atas orang lain.

Dari prinsip-prinsip dasar tersebut, dapat disimpulkan bahwa pola hidup minimalisme merupakan sebuah gaya hidup yang sesuai dengan ajaran Islam. Namun, perlu diingat bahwa pola hidup minimalisme tidak harus diinterpretasikan secara ekstrim atau tidak sehat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image