Selasa 20 Dec 2022 16:22 WIB

ALAMI Kantongi Pendanaan dari Paragon

Sinergi pendanaan Paragon & ALAMI diyakini dorong Indonesia jadi pusat industri halal

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Perusahaan financial tech (fintech) ALAMI menerima pendanaan dari perusahaan investasi milik ParagonCorp, Paragon Beneva Investama.
Foto: ALAMI
Perusahaan financial tech (fintech) ALAMI menerima pendanaan dari perusahaan investasi milik ParagonCorp, Paragon Beneva Investama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan financial tech (fintech) ALAMI menerima pendanaan dari perusahaan investasi milik ParagonCorp, Paragon Beneva Investama. ParagonCorp merupakan Asia Most Innovative Company menurut Fortune Times Singapore yang menaungi pionir brand kosmetik halal di Indonesia yaitu Wardah.

ALAMI menjadi pertama yang menerima kucuran modal setelah didirikannya perusahaan milik Paragon tersebut di tahun ini. Founder dan CEO ALAMI Group, Dima Djani mengatakan pendanaan dari Paragon sebagai bentuk dukungan dan sinergi strategis dari sesama pelaku industri ekonomi syariah.

"Kami menilai potensi industri halal akan terus meningkat seiring meningkatnya sektor keuangan syariah di Indonesia maupun dunia secara umum," katanya dalam keterangan pers, Selasa (20/12).

Kolaborasi ini akan semakin meningkatkan fokus untuk menciptakan gaya hidup halal disertai nilai-nilai kebaikan universal. ALAMI akan memanfaatkan potensi industri untuk mewujudkan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Dima mengatakan pendanaan ini akan memperkuat upaya ALAMI meningkatkan terobosan dan inovasi produk dan layanan keuangan berbasis teknologi digital. Sekaligus memperluas akses masyarakat terhadap praktek keuangan syariah beretika, adil, transparan, dan berkelanjutan.

Konsumsi 1,9 miliar Muslim dunia pada produk-produk halal telah capai dua triliun dolar AS dan terus meningkat. Pertumbuhan aset keuangan syariah juga tumbuh 7,8 persen atau setara 3,6 triliun dolar AS tahun 2021.

"Pendanaan dari Paragon Beneva Investama adalah contoh sukses pengembangan produk halal yang kompetitif dan diterima oleh masyarakat akan mampu membantu ALAMI terus sediakan akses keuangan syariah," katanya.

Ia optimistis hadirnya Hijra Bank yang segera diluncurkan perdana ke publik awal Desember tahun ini mampu melayani ratusan juta Muslim di Indonesia. ALAMI tercatat telah salurkan lebih dari Rp 3,8 triliun pada lebih 10 ribu proyek dengan dukungan 111 ribu pendana, memudahkan UMKM dapatkan akses keuangan Syariah untuk kembangkan usahanya.

Direktur Utama Paragon Beneva Investama, Sari Chairunnisa menyatakan, sinergi antara Paragon dan ALAMI ikut mendorong Indonesia sebagai pusat industri halal dunia, Sektor riil dan finansial harus bersatu dalam menggerakkan ekonomi syariah.

"Paragon yakin bahwa sinergi ini akan membawa kebermanfaatan baik di Indonesia maupun global," katanya.

Pendanaan ini optimistis akan mampu menciptakan teknologi keuangan berbasis syariah kelas dunia yang dapat jangkau masyarakat. Pemanfaatan platform digital yang tidak hanya memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun juga menjadi gaya hidup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement