Rabu 21 Dec 2022 09:30 WIB

Masuknya Jamaah Umrah Hidupkan Kembali Pasar Makkah

Pasar-pasar di sekitaran Kota Suci Makkah kini menjadi saksi pergerakan ekonomi .

Rep: Zahrotul Oktaviani / Red: Agung Sasongko
Buah-buahan di Pasar Induk Kakiyah, Makkah
Foto: Republika/Nashih Nashrullah
Buah-buahan di Pasar Induk Kakiyah, Makkah

IHRAM.CO.ID,MAKKAH -- Pemilik Hotel di Makkah kini tengah menyaksikan gerakan aktif di distrik pusat dan lingkungan lain. Hal ini terjadi sehubungan dengan peningkatan jumlah pelaku umrah dari seluruh dunia.

Masuknya peziarah ke Arab Saudi telah memainkan peran penting dalam menghidupkan kembali sektor hotel dan apartemen hotel berperabotan di Makkah. Jumlah hotel dan apartemen hotel melebihi 200 di distrik pusat.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Rabu (21/12), tidak hanya mempengaruhi tingkat okupasi di hotel, geliat aktif uni juga dirasakan di restoran, transportasi, pasar dan pusat komersial setempat.

Pasar-pasar di sekitaran Kota Suci Makkah disebut kini menjadi saksi pergerakan ekonomi yang dinamis, seiring dengan peningkatan jumlah jamaah umrah.

Pakaian siap pakai menjadi barang paling banyak diminati pembeli, selain oleh-oleh dan air zamzam. Tidak sedikit jamaah umrah yang rajin membeli pakaian Arab siap pakai, seperti garmen, gamis dan pakaian anak-anak.

Sebelumnya diberitakan Arab Saudi mengumumkan telah mengeluarkan 4 juta visa umrah dalam lima bulan terakhir. Visa ini dikeluarkan untuk jamaah yang datang dari seluruh dunia, sejak dimulainya musim umrah tahun 2022.

Tingginya jumlah visa umrah ini disebut bisa terwujud melalui upaya Kementerian Haji, yang terus memfasilitasi proses kedatangan melalui sarana elektronik. Mereka melakukan kerja sama dengan beberapa departemen dan lembaga, yang bekerja dalam sistem haji dan umrah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement