Kamis 22 Dec 2022 12:59 WIB

Kelompok Muslim Huddersfield Rencanakan Aksi Bersih-Bersih Pusat Kota

Aksi bersih-bersih terencana ini disebut sesuai dengan tradisi dan ajaran Islam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi. Kelompok Muslim Huddersfield Rencanakan Aksi Bersih-Bersih Pusat Kota
Foto: The Star
Ilustrasi. Kelompok Muslim Huddersfield Rencanakan Aksi Bersih-Bersih Pusat Kota

REPUBLIKA.CO.ID, HUDDERSFIELD -- Sebuah asosiasi Muslim di Huddersfield, Yorkshire Barat, Inggris sedang merencanakan aksi pembersihan besar-besaran di pusat kota. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar membuat wilayah tersebut terlihat lebih menarik pada 2023.

Pemimpin Asosiasi Pemuda Muslim Ahmadiyah, Nida Ul Haq mengatakan sebuah hal penting untuk merapikan pusat kota saat momen tahun baru untuk kepentingan semua pihak. Aksi bersih-bersih terencana ini disebut sesuai dengan tradisi dan ajaran Islam, untuk menunjukkan pembersihan adalah bagian dari iman.

Baca Juga

Penduduk di Huddersfield dipersilakan untuk bergabung, termasuk generasi muda yang ingin membanggakan kotanya. Rencana di balik proyek ini adalah membawa lebih banyak rasa hormat ke daerah tersebut dan menciptakan lebih banyak keharmonisan di komunitas Huddersfield. Nida menambahkan hanya ada satu dunia untuk dihuni yaitu bumi, sehingga setiap orang memiliki tanggung jawab untuk membuatnya bersih dan tidak tercemar, semampu kita.

Sekretaris eksternal asosiasi Muslim Ahmadiyah di Huddersfield, Fatihul-haq mengatakan kelompok itu juga akan membagikan makanan dan pakaian gratis bagi mereka yang membutuhkan. Hal ini dilakukan bersamaan dengan aksi pembersihan.

"Kami menyadari saat ini terjadi tekanan keuangan dan ada banyak orang yang membutuhkan bantuan. Pada hari Natal kami juga akan menyediakan makanan dan transportasi untuk orang-orang yang membutuhkan," ucap dia, dikutip di Examiner Live, Kamis (22/12/2022).

Jika ada yang membutuhkan bantuan, pihaknya menawarkan diri untuk dihubungi. Di masa-masa sulit ini, ia menyebut diperlukan kerja sama semua komunitas untuk berkumpul bersama dan menawarkan bantuan. Kelompok anak muda ini disebut akan berkumpul pada 1 Januari 2023 pukul 09.30 waktu setempat di Market Place, Huddersfield, untuk memulai programnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement