Sabtu 24 Dec 2022 08:30 WIB

Guardiola: Kalvin Phillips Kelebihan Berat Badan

Kalvin Phillips bagian dari tim nasional Inggris di Piala Dunia 2022.

Rep: Frederikus Bata / Red: Ratna Puspita
Pemain Manchester City Kalvin Phillips ketika memperkuat timnas Inggris
Foto: EPA-EFE/Andy Rain
Pemain Manchester City Kalvin Phillips ketika memperkuat timnas Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola tak segan-segan menghukum para pemainnya yang tidak menjaga kondisi fisik dengan baik. Pep mencoret nama Kalvin Phillips saat City bertemu Liverpool di pentas Carabao Cup.

Skuad biru langit lolos ke perempat final setelah menang 3-2 atas the Reds di Stadion Etihad, Jumat (23/12/2022) dini hari WIB. Seharusnya, Phillips tersedia untuk laga ini. Rupanya, terjadi perubahan.

Baca Juga

Dalam penjelasan awal, Pep mengatakan eks Leeds United itu tidak fit. Lantas, ia memberikan pernyataan lanjutan. "Dia tidak cedera, dia tiba dengan kelebihan berat badan," kata juru taktik 51 tahun ini, dikutip dari BBC, Sabtu (24/12).

Sang arsitek tidak mengetahui penyebab hal itu terjadi. Dua tokoh tersebut berbicara secara pribadi. Namun, Pep enggan membeberkan isi pembicaraan mereka.

Phillips bagian dari tim nasional Inggris di Piala Dunia 2022. Sang gelandang dua kali tampil di Qatar. Masing-masing sebagai pemain pengganti ketika menghadapi Wales dan Senegal. 

Jarak waktu antara Piala Dunia dan aktivitas di periode kedua musim ini di level klub tak terlalu jauh. Idealnya, Phillips masih dalam kebugaran yang baik. Namun, yang terjadi sebaliknya.

"Dia tidak dalam kondisi yang baik untuk sesi latihan dan untuk bermain," ujar Guardiola.

Kini, fokus Man City menuju duel kontra Leeds. Partai lanjutan Liga Primer Inggris itu berlangsung di markas the Whites. Tepatnya di Stadion Elland Road, Kamis (29/12/2022).

Ini seharusnya menjadi momen emosional bagi Phillips. Ia kembali ke arena yang membesarkan namanya. Semua tergantung, kondisinya dalam beberapa hari ke depan.

"Ketika dia siap, dia akan bermain. Kami membutuhkannya. Kami sangat membutuhkannya," tutur Guardiola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement