Senin 26 Dec 2022 09:57 WIB

5 Tips Perbaiki Kesehatan Mental di 2023

Memperbaiki kesehatan mental salah satu resolusi tahun baru yang paling populer.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Kesehatan Mental. Memperbaiki kesehatan mental adalah salah satu resolusi tahun baru yang paling populer.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Kesehatan Mental. Memperbaiki kesehatan mental adalah salah satu resolusi tahun baru yang paling populer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperbaiki kesehatan mental merupakan salah satu resolusi tahun baru yang paling populer di kalangan generasi muda. Untuk mewujudkan resolusi tersebut, ada lima cara sederhana yang bisa membantu.

Resolusi tahun baru biasanya berpusat pada penurunan berat badan atau tujuan-tujuan pribadi. Namun, survei pada generasi Z menunjukkan bahwa kesehatan mental kini menjadi salah satu prioritas utama dalam membuat tahun baru.

Baca Juga

Survei Forbes Health ini melibatkan 1.005 orang dewasa sebagai responden. Sekitar 50 persen di antaranya merupakan responden berusia 18-25 tahun. Berdasarkan hasil survei, 45 persen dari seluruh orang dewasa yang menjadi responden menginginkan kesehatan mental yang lebih baik sebagai resolusi tahun baru.

"Tak mengejutkan untuk mengetahui ini," jelas Spa Manager dari Elan Spa di Mallory Court Hotel and Spa, Tara James, seperti dilansir Wellbeing News.

Kesehatan mental juga menjadi etos kerja yang besar di Mallory Court Hotel and Spa. Berdasarkan pengalaman ini, Jame1s dan Chief Director Simon Haigh, membagikan lima tips yang biasa membantu mereka memperbaiki kesehatan mental.

Terus Bergerak

James menilai salah satu kunci penting dalam memelihara kesehatan mental adalah dengan aktif bergerak. Selain menjaga kebugaran dan melancarkan peredaran darah, aktif bergerak juga dapat membantu meningkatkan suasana hati. Beberapa studi bahkan menemukan bahwa berjalan kaki setiap hari bisa meredakan gejala terkait gangguan kejiwaan seperti kecemasan serta depresi.

Tidur Malam yang Cukup

Kurang tidur bisa membuat seseorang menjadi lebih mudah marah dan kurang berenergi. Sebaliknya, tidur yang cukup di malam hari dapat memunculkan rasa segar dan berenergi saat bangun tidur.

Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Beragam aktivitas sehari-hari mungkin membuat seseorang lupa untuk memperhatikan diri sendiri. Oleh karena itu, coba luangkan sedikit waktu untuk diri sendiri secara berkala demi meredakan beragam stres dan tekanan yang dirasakan.

Makan Sehat

Haigh mengungkapkan bahwa pola makan yang sehat dan seimbang dapat membuat seseorang merasa lebih baik mengenai diri mereka sendiri. Haigh merekomendasikan konsumsi protein dan lemak yang sehat serta kaya antioksidan seperti ikan, kacang-kacangan, dark chocolate, dan bluberi.

Bicara dengan Orang Lain

Menjalin hubungan atau interaksi dengan orang lain juga penting dalam memelihara kesehatan mental. Sebagai makhluk sosial, James mengatakan manusia dapat merasakan suasana hati yang lebih baik hanya dengan berinteraksi dengan orang lain.

"Komunikasi itu penting," ujar James.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement