Senin 26 Dec 2022 13:38 WIB

AKBP Maruly Pimpin Polres dengan Wilayah Terluas di Jabar

Kabupaten Sukabumi  mencapai 12 persen dari luas wilayah Jawa Barat. 

Rep: Djoko Suceno/ Red: Agus Yulianto
AKBP Maruly Pardede, SIK
Foto: Istimewa
AKBP Maruly Pardede, SIK

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kasubdit III Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Jabar, AKBP Maruly Pardede, SIK, mendapat kepercayaan untuk memimpin Polres Sukabumi. Maruly yang menggantikan AKBP Dedi Darmawansyah ini akan memimpin wilayah dengan luas 4.145,70 kilometer persegi, sekaligus kabupaten terluas di Provinsi Jawa Barat. Keputusan Maruly memimpin Polres Sukabumi tertuang dalam Surat Telegram Kapolri No ST/2777/XII/Kep/2022/ yang ditandatangani ASSDM Irjen Pol Drs Wahyu Widada.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Sukabumi  mencapai 12 persen dari luas wilayah Jawa Barat. Kabupaten ini terdiri dari 47 kecamatan, lima  kelurahan, dan 381 desa. Jumlah penduduk kabupaten yangvterkenal dengan Pantai Pelabuhanratu ini berjumlah 2.523.992 jiwa ( sensus 2017) dengan sebaran penduduk 609 jiwa/kilo meter persegi. 

"Mohon doa dan dukungannya agar kami bisa menjalankan amanah ini dengan baik," kata dia kepada Republika.co.id, Senin (26/12/2022).

Dalam Surat Telegram Kapolri tersebut, ada enam Kapolres di Polda Jabar yang dimutasi. Antara lain Kapolres Cimahi,  Kapolres Karawang, Kapolres Garut, Kapolres Indramayu, Kapolres Cirebon, dan Kapolres Sukabumi. Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan digantikan AKBP Aldi Subartono yang sebelumya menjabat sebagai Kapolres Karawang. AKBP Imron Ermawan diangkat menjadi Wakapolresta Bandung.

Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono, menjadi Kapolres Karawang. Sedangkan Kapolres Garut bakal diisi oleh AKBP Rio Wahyu Anggoro yang sebelumnya menjabat Kasat Intelkam Polres Metro Jakarta Barat. AKBP Fahri Anggia Natua Siregar yang sebelumnya Kapolres Cirebon Kota, bergeser menjadi Kapolres Indramayu menggantikan AKBP Mokhamand Lukman Syarif. Lukman dimutasi menjadi Kasubbagtihorkam Bagyanhak Rowatpers SSDM Polri. Sedangkan Kapolres Cirebon Kota dijabat AKBP Ariek Indra Sentanu yang sebelumnya Kasatlantas Polrestabes Bandung.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, mengatakan, pergantian enam Kapolres ini merupakan hal biasa untuk kepentingan penyegaran organisasi Polri. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement