Selasa 27 Dec 2022 06:36 WIB

Pusat Medis Masjid Nabawi Selamatkan Jamaah Umroh yang Henti Jantung

Tim medis menerapkan resusitasi kardiopulmoner (CPR) selama 20 menit.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Suasana di halaman Masjid Nabawi usai shalat Subuh, Rabu (9/8). Pusat Medis Masjid Nabawi Selamatkan Jamaah Umroh yang Henti Jantung
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Suasana di halaman Masjid Nabawi usai shalat Subuh, Rabu (9/8). Pusat Medis Masjid Nabawi Selamatkan Jamaah Umroh yang Henti Jantung

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Tim medis di pusat kesehatan Bab Jibril di sebelah Masjid Nabawi, Madinah berhasil menyelamatkan nyawa seorang jamaah umroh dari Asia. Jamaah tersebut pingsan di halaman masjid karena mengalami henti jantung mendadak. 

Seperti dilansir Saudi Gazette pada Selasa (27/12/2022), Kompleks Kesehatan Madinah mengatakan, Unit Gawat Darurat pusat kesehatan Bab Jibril telah diberitahu tentang kondisi pasien oleh Bulan Sabit Merah. Saat unit gawat darurat tiba di lokasi, pria tersebut tidak sadarkan diri dan pemeriksaan awal menunjukkan jantung dan pernapasannya telah berhenti.

Baca Juga

Tim medis di pusat tersebut menerapkan resusitasi kardiopulmoner (CPR) selama 20 menit sampai detak jantung pria tersebut kembali normal dan dia mulai bernapas. Pria itu dipindahkan ke Rumah Sakit Madinah Munawwarah untuk pemeriksaan lengkap dan perawatan yang diperlukan. Sebuah tindakan medis disiapkan setelah kondisi kesehatannya stabil.

Pusat kesehatan di sekitar Masjidil Nabawi telah dilengkapi dan didukung oleh peralatan terbaru dan tenaga yang mumpuni. Pusat ini menyediakan layanan medis darurat dan pengobatan 24 jam kepada pengunjung Masjidil Nabawi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement