Jumat 30 Dec 2022 09:33 WIB

Erick Thohir Beri Catatan untuk Sepak Bola 2022

Erick mengingatkan agar tragedi Kanjuruhan jangan pernah lagi terulang

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Christiyaningsih
Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, bertemu langsung dengan Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Gianni Infantino, Rabu (5/10/2022) waktu setempat.
Foto: Istimewa.
Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, bertemu langsung dengan Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Gianni Infantino, Rabu (5/10/2022) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan persepakbolaan Indonesia mengalami pasang surut pada tahun ini, khususnya catatan hitam dalam tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada Oktober 2022. Erick mengingatkan agar tragedi Kanjuruhan jangan pernah lagi terulang.

Indonesia dimintanya harus memetik pelajaran dari tragedi itu dan menjadikannya sebagai momentum perbaikan tata kelola sepak bola di negeri ini. "2022 menjadi tahun yang menantang untuk sepak bola Indonesia. Tapi tantangan harus kita jadikan dorongan untuk sama-sama melakukan perbaikan," ungkap Erick dalam akun media sosial pribadinya @erickthohir, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga

Erick telah bertemu dengan Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino di Doha, Qatar pada Rabu (5/10/2022). Dalam pertemuan tersebut, Erick menyebut FIFA siap membantu Pemerintah RI dalam melakukan transformasi sepak bola Indonesia.

"Pendampingan FIFA untuk transformasi sepak bola Indonesia adalah salah satu langkah baik. Tapi masih banyak lagi yang perlu kita benahi," tulisnya.

Erick menilai niat baik FIFA dan Pemerintah RI dalam membenahi sepak bola Indonesia harus diapresiasi. Dia menilai hal ini merupakan kesempatan emas untuk Indonesia dalam memperbaiki tata kelola sepak bola Indonesia.

"Percayalah, satu per satu kendala dan tantangan akan bisa #KitaAtasi. Asalkan kita punya niat baik yang sama, dan bersama berusaha melakukan yang terbaik," tambah Erick Thohir.

Terbaru, Erick ikut mendampingi Menpora Zainudin Amali bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. Erick mengatakan pertemuan tersebut membahas persiapan Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun depan agar berjalan dengan baik.

Erick menyebut banyak pelajaran yang bisa diambil dari Qatar yang sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Erick menyampaikan Indonesia harus mampu mengikuti, bahkan melebihi kesuksesan Qatar saat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023.

"Nah, di 2023 nanti, kamu mau jadi bagian kelompok ngeluh dan rebahan atau mau ikut bergerak berubah?" tantang Erick Thohir di akun Instagramnya.

Baca juga : Brasil Berkabung Tiga Hari demi Pele

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement