Sabtu 31 Dec 2022 11:02 WIB

Tari Cidayu Khas Pontianak Meriahkan Wisuda Ke-14 Universitas BSI

Kata "Cidayu" diambil dari singkatan tiga nama suku yang ada di Pontianak.

Tari Cidayu khas Pontianak memeriahkan wisuda ke-14 Universitas BSI.
Foto: BSI
Tari Cidayu khas Pontianak memeriahkan wisuda ke-14 Universitas BSI.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK – Sebagai kampus digital kreatif, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar acara pelantikaan wisuda bagi mahasiswanya dengan cara semenarik mungkin. Acara wisuda kali ini merupakan acara pelantikan wisudawan/wati dari Universitas BSI kampus Pontianak yang ke-14.

Bertempat di Qubu Resort, Pontianak, pada Selasa (20/12/2022), acara pelantikan wisuda ini berjalan dengan lancar dan meriah. Apalagi saat penampilan tari dari mahasiswa Univeristas BSI kampus Pontianak pada saat penyambutan tamu undangan.

Baca Juga

Tari yang ditampilkan ini merupakan tari tradisional asal Pontianak yang bernama tari Cidayu. Salah satu anggota penari, Erica Gracila Muntu, mengatakan penampilan tari Cidayu ini selain untuk mengisi acara wisuda juga sebagai pengenalan kepada khalayak mengenai salah satu tari tradisional asal Pontianak, Kalimantan Barat.

“Tari Cidayu ini melambangkan Kota Pontianak dengan keberagaman suku di dalamnya. Kata "Cidayu" diambil dari singkatan tiga nama suku yang ada di Pontianak yakni Cina, Dayak, dan Melayu,” ujar Erica kepada media saat wawancara.

Di samping kesuksesan penampilannya, dara cantik yang akrab disapa Grace ini mengungkapkan persiapan untuk mengisi kegiatan wisuda ini sudah cukup matang. Walapun terdapat beberapa kendala yang harus ia lalui bersama teman-temannya di waktu latihan.

Dengan waktu latihan selama tiga bulan, para penari akhirnya bisa menampilkan yang terbaik di acara wisuda yang ke-14 Universitas BSI kampus Pontianak ini. "Jujur memang saat latihan ada beberapa kendala, seperti saat latihan ada salah satu dari kami yang nggak bisa ikut latihan karena kerja ataupun terbentur jadwal kuliah,” kata dia.

Tak lupa dia turut mengucapkan selamat kepada kakak tingkatnya yang telah lulus dan selesai dilantik pada acara wisuda kali ini. 

"Hari ini adalah hari kalian, hari yang kalian dambakan selama kuliah. Tapi hari ini bukan akhir dari perjuangan kalian, karena didepan mungkin ada perjuangan lainnya salah satunya mencari kerja. Jangan pantang  penyerah, semangat terus,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement