Senin 02 Jan 2023 04:04 WIB

Kolesterol Tinggi Picu Komplikasi, Gejalanya Bisa Terlihat di Jari Kaki

Jangan abaikan perubahan tak biasa pada jari kaki.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Jari kaki (ilustrasi). Komplikasi kolesterol tinggi gejalanya dapat tampak pada jari kaki.
Foto: www.freepik.com
Jari kaki (ilustrasi). Komplikasi kolesterol tinggi gejalanya dapat tampak pada jari kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan yang tidak biasa di jari kaki sebaiknya tidak begitu saja diabaikan. Menurut para ahli, tanda tertentu di jari kaki bisa menjadi gejala dari kondisi serius. Salah satunya, menjadi tanda peringatan bahwa seseorang memiliki kolesterol tinggi.

"Perhatikan apakah kuku kaki menjadi rapuh atau tumbuh lambat tanpa perubahan gaya hidup lainnya, itu mungkin patut untuk diperiksa," ujar konsultan ahli jantung di Harley Street Clinic, Sami Firoozi, dikutip dari laman The Sun, Ahad (1/1/2023).

Baca Juga

Menurut Firoozi, itu mungkin terjadi akibat penumpukan kolesterol, meskipun bisa juga dipicu masalah lain. Kolesterol atau zat lemak dalam darah bisa terakumulasi akibat pola makan yang buruk, kurang olahraga, kebiasaan merokok, juga minum alkohol.

Ketika ada terlalu banyak kolesterol, itu menyumbat pembuluh darah. Hal tersebut bisa terjadi kepada siapa saja. Kadang-kadang, seseorang tidak tahu mereka memiliki kondisi demikian sampai mengalami komplikasi serius seperti serangan jantung atau strok.

Selain bagian kuku, perubahan pada kaki pun dapat memberi lebih banyak petunjuk mengenai kondisi kesehatan. Contohnya, kram di kaki dan tungkai, sensasi mati rasa, atau perubahan warna pada kulit kaki yang bisa menandakan terjadi sesuatu yang salah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement