Senin 02 Jan 2023 13:28 WIB

Jazan Tampilkan Industri Kopi dan Atraksi Budaya

Provinsi Jazan berupaya memamerkan atraksinya tentang kopi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Jazan Tampilkan Industri Kopi dan Atraksi Budaya
Foto: Arab News
Jazan Tampilkan Industri Kopi dan Atraksi Budaya

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Provinsi Jazan berupaya memamerkan atraksinya yang paling terkenal untuk media. Ini merupakan bagian dari upayanya untuk menarik lebih banyak wisatawan dan investasi, termasuk untuk industri kopinya yang berkembang pesat.

Tur yang berlangsung selama empat hari ini diselenggarakan oleh badan amal Khieer Arab Saudi. Mereka membawa para jurnalis mengunjungi perkebunan kopi di daerah Faifa dan Bani Malik.

Baca Juga

Salah satu lokasi yang didatangi adalah pertanian milik Ahmed Al-Malki. Ia dan keluarganya berusaha menggunakan biji kopi untuk membuat berbagai produk.

“Kami memproduksi banyak hal, seperti sabun kopi, minyak kopi, lip balm dan scrub. Ke depan kami (juga) berencana untuk memproduksi gula biji kopi,” kata Al-Malki dikutip di Arab News, Senin (2/1/2022).

 

Ia menyebut minyak kopi pertama kali diproduksi di Arab Saudi di sini, yang mana diekstraksi dari buah kopi padat.  Periode ekstraksi tersebut memakan waktu dua bulan.

Minyak kopi dianggap sebagai salah satu minyak termahal di dunia. Beberapa manfaatnya antara lain meredakan penyakit kulit, menebalkan rambut, menghilangkan selulit, dan lain-lain.

Direktur jenderal Otoritas Pengembangan Pegunungan Jazan, Dafer Al-Fahad, mengatakan Provinsi Jazan memiliki banyak keunggulan komparatif. Enam gubernuran pegunungan ini penuh dengan peluang investasi terutama di bidang pertanian, agrowisata, wisata kesehatan dan situs warisan.

“Pada awal tahun ini, kami menandatangani MoU dengan Saudi Aramco untuk mendirikan Pusat Kopi Saudi yang canggih. Saat ini kami sedang berdiskusi dengan Perusahaan Kopi Saudi, anak perusahaan dari PIF (Dana Investasi Publik) untuk mendirikan Akademi Kopi Saudi, serta dengan Kementerian Kebudayaan untuk mendirikan Museum Kopi Saudi," ujar dia.

Dalam beberapa tahun terakhir, pihaknya telah mendistribusikan lebih dari 1 juta bibit kopi ke semua petani. Mereka juga terus mendukung inisiatif Saudi Aramco dan Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian, untuk melayani petani kopi di dalam dan luar provinsi Jazan.

Tidak berhenti di situ, pihaknya juga berupaya memberikan pelatihan, bimbingan dan teknik pertanian kontemporer, untuk memastikan semua lahan pertanian di wilayah tersebut dimanfaatkan sepenuhnya dan tujuan strategis dari Visi Kerajaan (2030) terpenuhi.

Tur tersebut merupakan bagian dari upaya Flynas untuk mempromosikan pembangunan ekonomi berkelanjutan dan mendorong industri pariwisata negara.

Secara khusus, maskapai ini mempromosikan kopi Saudi Khawlani yang terkenal di dunia pada boarding pass dan tanda registrasi penumpang di bandara. Mereka juga menawarkan cangkir minuman gratis kepada pelanggan pada penerbangan hingga akhir tahun.

Perjalanan itu didukung oleh Ketua Dewan Direksi Yayasan Mohammed Al-Ali Al-Sane, Ahmed bin Mohammed Al-Ali Al-Sane. Ia merupakan salah satu pendukung badan amal Khieer Arab Saudi. Perusahaan Hayyak adalah mitra pengorganisasian, dan Ayman Al-Suhayyan and Partners Company adalah mitra hukum.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2225301/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement