Senin 02 Jan 2023 16:03 WIB

BSI Layani Tarik Tunai Tanpa Kartu di Alfamart

Inovasi tarik tunai melalui merchant mengalami kenaikan 217 persen.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Lida Puspaningtyas
Bank Syariah Indonesia
Foto: BSI
Bank Syariah Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus melakukan terobosan melalui BSI Mobile, salah satunya menghadirkan fitur tarik tunai tanpa kartu ATM. SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih mengatakan, fitur ini adalah hasil kerja sama antara BSI  dan Alfamart dalam menjawab kebutuhan nasabah untuk tarik tunai melalui e-banking.

"Fitur tarik tunai tanpa kartu ATM ini dapat dilakukan di seluruh gerai Alfamart di seluruh Indonesia," katanya dalam keterangan resmi, Senin (2/1/2023).

Dengan hadirnya fitur ini, diharapkan dapat membuat transaksi keuangan lebih aman, cepat dan mudah sehingga  nasabah tidak perlu lagi khawatir saat ketinggalan dompet atau kartu ATM. Fitur ini juga diharapkan dapat meminimalisir tingkat kejahatan di ATM yaitu skimming.

Saut menambahkan, era digital menjadi sebuah keniscayaan apabila kita tidak bergerak cepat dan tepat. Untuk itu, BSI Mobile menjadi salah satu channel yang menjadi pilihan untuk transaksi finansial dan non finansial bagi seluruh segmen.

"Kemudahan transaksi menjadi spirit perseroan untuk mendorong masyarakat bertransaksi sesuai syariah salah satunya melalui BSI Mobile, dan juga menjadi aktivasi inklusi syariah," katanya.

Menurut Saut, kerja sama BSI dengan Alfamart juga bertujuan mendekatkan masyarakat bertransaksi syariah. Apalagi saat ini outlet Alfamart mencapai lebih dari 17.000 gerai dan menjadi salah satu pemimpin pasar yang mudah dijangkau masyarakat perkotaan maupun sub urban.

Per November 2022, inovasi tarik tunai melalui merchant mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan 2021 yaitu 217 persen. Melalui kerja sama tarik tunai bersama Alfamart ini, diharapkan dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat, khususnya nasabah Bank Syariah Indonesia.

"Tentu ini menjadi langkah awal untuk meningkatkan inklusi keuangan syariah hingga pelosok Indonesia," lanjut Saut.

Layanan BSI Tarik Tunai Tanpa Kartu dapat dilakukan di gerai Alfamart dan lebih dari 2.500 ATM BSI seluruh Indonesia. Nasabah juga memperoleh keuntungan ekstra diantaranya biaya yang murah.

Tarik tunai tanpa kartu di outlet Alfamart hanya dikenakan biaya Rp 5 ribu per transaksi lebih hemat apabila nasabah melakukan transaksi dengan kartu ATM BSI di ATM Bank Lain. Sementara BSI Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BSI tidak dikenakan biaya.

Selain itu, fitur ini aman karena menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone yang telah didaftarkan dan terkoneksi dengan layanan BSI Mobile. Kode OTP yang nasabah dapatkan bersifat rahasia dan hanya berlaku selama dua jam setelah mendapatkan kode tersebut dari BSI mobile.

Selain itu, Minat masyarakat terhadap BSI Mobile terus mengalami pertumbuhan signifikan. Per November 2022, pengguna BSI Mobile mencapai 4,68 juta pengguna naik 35,31 persen (ytd). Transaksi kumulatif BSI Mobile per November 2022 mencapai 237,94 juta transaksi dan berkontribusi memberikan fee based income sebesar Rp 229 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement