Rabu 04 Jan 2023 01:09 WIB

Avatar 2 Singkirkan Harry Potter di Daftar Film Terlaris Sepanjang Masa

Film Harry Potter and The Deathly Hallows terpaksa terhempas dari daftar.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
FIlm Avatar 2 menyingkirkan Harry Potter and The Deathly Hallows: Part 2 di posisi 15 film terlaris sepanjang masa di seluruh dunia. (ilustrasi)
Foto: Dok 20th Century Fox
FIlm Avatar 2 menyingkirkan Harry Potter and The Deathly Hallows: Part 2 di posisi 15 film terlaris sepanjang masa di seluruh dunia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELED – Kesuksesan film Avatar: The Way Of Water  mendorongnya masuk ke dalam 15 film terlaris sepanjang masa di seluruh dunia. Kesuksesan ini mengalahkan film Harry Potter and The Deathly Hallows: Part 2 dari jajaran eksklusif.

Sekuel arahan sutradara James Cameron itu telah melampaui target box office dan banjir pujian untuk terobosan penggunaan motion capture technology. Film tersebut juga diapresiasi atas pesan mendalam tentang keluarga dan tanggung jawab lingkungan.

Baca Juga

Dilansir laman Variety, dengan perolehan pendapatan 86,3 juta dolar AS selama akhir pekan tahun baru selama empat hari, Avatar: The Way Of Water telah mengantongi sekitar 1,4 miliar dolar AS secara global. Itu berarti film tersebut telah melewati blockbuster ikonik seperti Black Panther (1,382 miliar dolar AS) dan Star Wars Episode VIII: The Last Jedi (1,332 miliar dolar AS).

Tak hanya itu, Avatar 2 sukses menyingkirkan Harry Potter and The Deathly Hallows: Part 2 (1,342 miliar dolar AS) dari daftar 15 teratas film terlaris sepanjang masa di seluruh dunia. Bagian terbesar dari pendapatan Avatar: The Way Of Water berasal dari pasar internasional, di mana film tersebut hanya meraup 957 juta dolar AS, sementara pasar domestik hanya menyumbang lebih dari 440 juta dolar AS untuk box office film di seluruh dunia.

Lantas bisakah Avatar 2 mencapai target box office yang fantastis dari James Cameron? Dilansir laman Screen Rant pada Selasa (3/1/2023), Cameron sendiri memperkirakan bahwa dengan anggaran 350 juta dolar AS ditambah 100 juta dolar AS yang dihabiskan untuk promosi, Avatar: The Way Of Water setidaknya perlu menghasilkan lebih dari 2 miliar dolar AS untuk dianggap sukses.

Avatar: The Way Of Water bertahan dengan sangat baik di akhir pekan ketiga peluncurannya, karena selama itu meraup 66,8 juta dolar AS, dan benar-benar mewakili peningkatan empat persen dari akhir pekan sebelumnya. Itu adalah pendapatan kotor akhir pekan ketiga tertinggi dan keempat dalam sejarah, mengingat bahwa film-film di tempat ketiga (Black Panther) dan kelima (Avengers: Endgame) sama-sama mencapai 700 juta dolar AS di bioskop AS.

Saat ini, Cameron mulai menggarap sekuel ketiga dari Avatar. Cameron mengatakan, dia tak ingin aktor-aktornya terlihat lebih tua dari karakter yang diperankan sehingga proses syuting untuk Avatar 3 sudah dimulai.

Berbeda dengan jeda sebelumnya yang membutuhkan hampir 13 tahun, Avatar 3 akan hadir hanya dua tahun setelah Way Of Water. Cameron telah mengungkapkan bahwa angsuran berikutnya akan mengangkat kisah yang sama sekali baru di dunia Pandora, di mana Jake Sully, Neytiri, dan keturunan mereka akan bersentuhan dengan Fure Na'Vi atau dikenal sebagai Ash People. Sebagian besar pemeran Avatar: The Way Of Water dikabarkan akan kembali untuk Avatar 3, dengan Oona Chaplin dan David Thewlis bergabung sebagai karakter Na'Vi baru dan Michelle Yeoh bergabung dalam peran live-action.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement