Selasa 03 Jan 2023 22:15 WIB

Nguyen Tien Linh Ganas, Vietnam Trengginas, Lini Belakang Timnas Indonesia Wajib Awas

Nguyen Tien Linh mencetak tiga gol untuk Vietnam pada penyisihan Piala AFF

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Penyerang Vietnam Nguyen Tien Linh sudah mencetak tiga gol di Piala AFF 2022 dan wajib diwaspadai lini belakang timnas Indonesia.
Foto: EPA-EFE/LUONG THAI LINH
Penyerang Vietnam Nguyen Tien Linh sudah mencetak tiga gol di Piala AFF 2022 dan wajib diwaspadai lini belakang timnas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lawan berat menanti Indonesia di semifinal Piala AFF 2022. Ada Vietnam akan mengadang langkah skuad Garuda menuju partai puncak.

Dalam beberapa tahun terakhir, Golden Star Warriors menjadi pesaing terberat Thailand sebagai penguasa Asia Tenggara. Mereka bermain sepak bola menyerang dengan intensitas tinggi. Ini sedikit banyak karena sentuhan pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-Seo.

Baca Juga

Pada Piala AFF 2022, Vietnam juga menjadi salah satu favorit pemenang selain juara bertahan Thailand. Sepanjang babak penyisihan, Golden Dragon tampil menggila. Vietnam tak terkalahkan dalam empat pertandingan di Grup B. Sebanyak tiga laga berhasil dimenangkan. Sisanya, satu duel berkesudahan imbang.

Mereka menunjukkan keseimbangan nyata antara menyerang dan bertahan. Total anak asuh Hang-seo mencetak 12 gol dan tidak pernah kebobolan. Statistik ini menjadi sinyal bahaya untuk lini pertahanan Indonesia.

Secara keseluruhan, kualitas semua penggawa Vietnam berada di level atas Asia Tenggara. Namun tak bisa dipungkiri ada juga individu yang menonjol. Sosok Nguyen Tien Linh patut diwaspadai lini belakang tim Garuda.

Penyerang Becamex Binh Duong itu telah mencetak tiga gol sepanjang babak penyisihan. Hanya gawang Singapura yang luput dari terjangan Tien Linh. Selebihnya Laos, Malaysia, serta Myanmar jadi korban keganasan pesepak bola 25 tahun itu.

Meskipun berusia relatif muda, Tien Linh sudah 35 kali membela Vietnam. Ia merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Vietnam dalam kualifikasi Piala Dunia dengan delapan gol.

Vietnam memiliki banyak pencetak gol di Piala AFF 2022. Selain Tien Linh, delapan gol mereka lainnya disumbangkan oleh delapan pemain berbeda. Satunya lagi karena gol bunuh diri penggawa Myanmar.

Indonesia diprediksi bakal kembali menurunkan Jordi Amat di posisi bek tengah. Sebelumnya saat jumpa Filipina, Amat hanya menjadi penonton. Saat itu ia terkena akumulasi kartu kuning.

Menarik dinantikan bagaimana keputusan taktis Shin Tae-yong di lini belakang. Ia bisa saja menurunkan dua bek tengah. Artinya Amat berdampingan dengan kapten Fachruddin Aryanto. Opsi lainya, STY memakai skema tiga palang pintu. 

Apa pun strategi STY, mereka harus mewaspadai permainan spartan ala Vietnam. Nguyen Tien Linh perlu dikawal ketat.

Setelah enam kali menjadi runner up, kali ini Indonesia tak memiliki target selain juara. Indonesia perlu menyingkirkan Vietnam untuk mewujudkan asa tersebut.

Nama: Nguyen Tien Linh

Lahir: 20 Oktober 1997 

Tinggi: 178 cm

Posisi: Striker

Club information

Tim: Becamex Bình Dương

Karier internasional

2015–2017 Vietnam U-19 11 (5 gol)

2018–2022 Vietnam U-23 30 (12 gol)

2018– Vietnam 35 (15 gol)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement