Kamis 05 Jan 2023 22:54 WIB

Media Korsel Sebut Semifinal Indonesia Vs Vietnam Berkah untuk Negeri Ginseng

Tiga tim semifinalis PIala AFF 2022 dipegang pelatih asal Korea Selatan.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Vietnam Park Hang Seo
Foto: EPA-EFE/LUONG THAI LINH
Pelatih kepala Vietnam Park Hang Seo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepastian tim nasional Indonesia melangkah ke partai semifinal menghadapi Vietnam di Piala AFF 2022 mendapat sorotan dari media olahraga Korea Selatan (Korsel).

Tersisa empat tim yang akan beradu strategi di babak semifinal Piala AFF yakni Indonesia, Vietnam, Malaysia dan juga Thailand.

Baca Juga

Babak tersebut akan dimainkan secara dua leg, kandang-tandang dengan Tim Garuda berhadapan lawan berat Vietnam serta Malaysia bersua Thailand.

Namun keseruan tidak hanya diperlihatkan oleh para peserta dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara saja. Publik Korsel juga layak bersuka cita.

Pasalnya tersaji pertunjukan menarik antar pelatih-pelatih top asal Negeri Ginseng. Tiga pelatih Korsel tercatat hadir menangani timnya di semifinal Piala AFF 2022.

Surat kabar Chosun bahkan membandingkan Piala AFF dengan Piala Dunia Asia Tenggara setelah terdapat sosok pelatih Park Hang-seo (Vietnam), Kim Pan-gon (Malaysia) dan Shin Tae-yong menangani Indonesia.

"Di Piala AFF juga dikenal sebagai Piala Dunia Asia Tenggara, tiga pelatih Korea memasuki semifinal. Ini sebuah fenomena, karena sepak bola tak dianggap sebagai olahraga populer (Korsel). Sebaliknya, panahan serta lari jarak pendek paling banyak diminati," tulis media Chosun dikutip VN Express.

Selain itu, kebanggan media Korea Selatan tersebut juga bertambah ketika tiga pelatih mereka mampu mengalahkan pelatih dari negara rival abadi Jepang.

Lebih lanjut, surat kabar yang berpusat di ibu kota Seoul menjelaskan saat Park Hang-seo datang ke Vietnam pada 2017 dan meraih kesuksesan, negara-negara Asia Tenggara lainnya mulai mengikuti.

Indonesia saat itu menunjuk Shin Tae-yong pada 2020, sedangkan Malaysia menaruh kepercayaan kepada pelatih Kim Pan-gon tahun lalu.

Apabila Harimau Malaya sukses mengalahkan Thailand di semifinal, Piala AFF jelas menjadi 'final all-Korean coach' pertama dalam sejarah. Pun bisa menjadi titik balik besar bagi sepak bola Korea.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement