Jumat 06 Jan 2023 10:55 WIB

Arab Saudi Buka Pendaftaran Haji Domestik.

Kementerian telah mengumumkan total empat paket untuk jamaah haji domestik.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pemandangan Kabah di Masjidil Haram terlihat selama ibadah haji di kota suci umat Islam Makkah, Arab Saudi, Rabu, 6 Juli 2022. Arab Saudi Buka Pendaftaran Haji Domestik.
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Pemandangan Kabah di Masjidil Haram terlihat selama ibadah haji di kota suci umat Islam Makkah, Arab Saudi, Rabu, 6 Juli 2022. Arab Saudi Buka Pendaftaran Haji Domestik.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah membuka pendaftaran haji tahun 1444 H/2023 M untuk jamaah haji dari dalam Kerajaan. Kementerian mengatakan harga paket jamaah haji domestik mulai dari 3.984 riyal atau setara dengan Rp 16,5 juta.

 

Baca Juga

Kementerian mengatakan warga Saudi sudah bisa melakukan pengajuan. Warga yang ingin menunaikan ibadah haji tahun ini juga bisa mendaftar melalui situs webnya dan aplikasi Nusuk.

 

Kementerian telah mengumumkan total empat paket untuk jamaah haji domestik. Paket pertama berharga dari 10.596 hingga 11.841 riyal, paket kedua dari 8.092 menjadi 8.458 riyal, dan paket ketiga berharga 13.150 riyal. Paket keempat, yang memberikan layanan ekonomis kepada jamaah dibanderol 3.984 riyal. Semua harga sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN).

 

Jamaah yang terdaftar dalam paket ketiga akan ditampung di enam menara yang terletak dekat dengan Jamarat di Mina. Pada paket pertama, tenda akan memiliki fasilitas canggih dan pelayanan yang nyaman bagi jamaah. Dan mereka yang berusia 12 tahun sudah boleh mendaftar haji melalui aplikasi Nusuk.

 

Prioritas akan diberikan kepada pelamar yang belum pernah menunaikan ibadah haji. Jika tersedia tempat kosong, maka yang sebelumnya telah melaksanakan ibadah haji akan diikutsertakan.

 

Kementerian mengatakan Mahram perempuan akan dikeluarkan dari prioritas keuntungan. Identitas nasional (ID) atau tempat tinggal (iqama) harus berlaku sampai akhir Dzulhijjah 1444 H.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement