Senin 09 Jan 2023 05:55 WIB

Biden Kunjungi Perbatasan AS-Meksiko

Biden terus diburu Partai Republik tentang keamanan perbatasan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Migran berbaris di samping Rio Bravo (Rio Grande) terlihat dari Ciudad Juarez, Meksiko, 23 Desember 2022, di perbatasan antara Meksiko dan AS.
Foto: EPA-EFE/Luis Torres
Migran berbaris di samping Rio Bravo (Rio Grande) terlihat dari Ciudad Juarez, Meksiko, 23 Desember 2022, di perbatasan antara Meksiko dan AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menuju ke perbatasan AS-Meksiko pada Ahad (8/1/2023). Perjalanan ini adalah kali pertama dilakukan sebagai presiden setelah dua tahun diburu oleh Partai Republik tentang keamanan perbatasan dengan perlintasan imigran yang terus meningkat.

Biden menghabiskan beberapa jam di El Paso, Texas, yang saat ini merupakan koridor terbesar untuk penyeberangan ilegal. Sebagian besar orang Nikaragua melarikan diri dari penindasan, kejahatan, dan kemiskinan di negaranya.

Presiden diperkirakan akan bertemu dengan pejabat perbatasan untuk membahas migrasi serta peningkatan perdagangan fentanyl dan opioid sintetik lainnya. Peredaran obat terlarang itu mendorong meroketnya jumlah overdosis di AS.

Biden juga akan mengunjungi Pusat Layanan Migran Kabupaten El Paso dan bertemu dengan organisasi nirlaba dan kelompok agama yang mendukung migran yang datang ke AS. Tidak jelas apakah Biden akan berbicara dengan migran yang berada di wilayah itu.

“Presiden sangat menantikan untuk melihat sendiri seperti apa situasi keamanan perbatasan itu. Ini adalah sesuatu yang ingin dia lihat sendiri," kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby.

Dari El Paso, Biden akan melanjutkan ke selatan ke Mexico City. Dia dan para pemimpin Meksiko dan Kanada akan berkumpul untuk pertemuan puncak para pemimpin Amerika Utara selama dua hari pada 9-10 Januari. Imigrasi adalah salah satu pembahasan penting dalam agenda acara tersebut.

Jumlah migran yang melintasi perbatasan AS-Meksiko telah meningkat secara dramatis selama dua tahun pertama Biden menjabat. Ada lebih dari 2,38 juta pemberhentian selama tahun yang berakhir 30 September, pertama kali jumlahnya mencapai dua juta. Pemerintah telah berjuang untuk menekan penyeberangan, enggan mengambil tindakan garis keras yang akan mirip dengan pemerintahan Donald Trump.

Perubahan kebijakan yang diumumkan minggu lalu adalah langkah terbesar Biden untuk menahan penyeberangan perbatasan ilegal. Keputusan itu akan menolak puluhan ribu migran yang tiba di perbatasan.

Pada saat yang sama, 30 ribu migran per bulan dari Kuba, Nikaragua, Haiti, dan Venezuela akan mendapatkan kesempatan untuk datang ke AS secara legal. Kesempatan itu bisa terlaksana selama mereka melakukan perjalanan dengan pesawat, mendapatkan sponsor, dan lulus pemeriksaan latar belakang.

AS juga akan menolak migran yang tidak mencari suaka terlebih dahulu di negara yang mereka lalui dalam perjalanan ke AS. Perubahan tersebut disambut baik oleh beberapa orang, terutama para pemimpin di kota-kota tempat para migran berkumpul. Namun Biden dikecam oleh kelompok advokat imigran, yang menuduhnya mengambil tindakan yang meniru model mantan presiden.

"Saya mempermasalahkan membandingkan kami dengan Donald Trump," kata juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre merujuk pada beberapa kebijakannya yang paling sering difitnah, termasuk pemisahan anak-anak migran dari orang tua mereka.

“Presiden tidak seperti itu,” katanya.

Untuk semua perjalanan internasionalnya selama 50 tahun dalam pelayanan publik, Biden tidak menghabiskan banyak waktu di perbatasan AS-Meksiko. Satu-satunya kunjungan yang dapat ditunjukkan oleh Gedung Putih adalah perjalanan Biden melalui perbatasan saat berkampanye untuk presiden pada 2008.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement