Senin 09 Jan 2023 13:35 WIB

Lewat Medsos, Shin Tae-yong Soroti Kinerja Wasit dan Permainan Kasar Penggawa Vietnam

Walau tak menyebut nama, "protes" Shin tertuju kepada pemain Vietnam Doan Van Hau

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mendesak wasit untuk bisa lebih jeli dalam memimpin laga, menjelang partai leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023) malam WIB. Sorotan pelatih asal Korea Selatan itu terutama tertuju pada aksi penggawa Vietnam. 

Dalam salah satu unggahan di akun media sosialnya, Shin menampilkan tiga potongan video yang menunjukkan pelanggaran yang dilakukan salah seorang penggawa Vietnam, Doan Van Hau, pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Jumat (6/1/2023) lalu. Dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno tersebut, wasit tidak memberikan sanksi kepada pemain berusia 23 tahun tersebut. Padahal, Van Hau kedapatan melakukan tekel terhadap Dendy Sulistyawan pada babak kedua.  Bahkan, Van Hau terlihat menggunakan dua kaki saat berusaha merebut bola dari kaki Dendy. 

Baca Juga

Tidak berhenti sampai di situ, Van Hau juga melakukan pelanggaran terhadap Ricky Kambuaya pada pengujung babak kedua. Kala itu, Van Hau menendang kaki Kambuaya saat tengah berebut bola di kotak terlarang. Namun, wasit bergeming atas berbagai pelanggaran tersebut. 

Dalam unggahan yang sama, Shin juga menampilkan potongan video saat Van Hau menyikut salah satu pemain Malaysia dalam laga penyisihan grup, beberapa waktu lalu. Seperti halnya pada laga kontra Indonesia, Van Hau tidak mendapatkan sanksi dari wasit atas aksinya tersebut. 

''Tidak boleh ''usaha para pemain'' yang dibuat selama ini tenggelam karena wasit,'' tulis Shin dalam unggahan di akun Instagram-nya. 

Selain wasit, sorotan Shin tertuju pada semua pihak, terutama para pemain Vietnam, agar bisa bermain dengan fair play. Shin pun berharap, insiden-insiden itu menjadi yang terakhir di Piala AFF 2022. ''Wasit dan pemain harus fair play sama. sama dan saya berharap semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini,'' lanjut tulisan Shin tersebut. 

Hingga Senin (9/1/2023) siang, unggahan Shin Tae-yong itu telah mendapatkan komentar lebih dari 52 ribu pengguna Instagram. Komentar itu pun datang dari sejumlah pendukung timnas Vietnam. Perang komentar akhirnya tersaji antara warganet Indonesia dan netizen Vietnam.

Salah satu akun menyebut, Shin hanya mengada-ada dan mencari alasan. ''Shin menggunakan cara kotor untuk melakukan provokasi Van Hau di laga besok. Shin tidak diterima di Vietnam,'' tulis salah satu pengguna.

Komentar dari para pendukung timnas Vietnam kemudian mendapatkan balasan dari para warganet Indonesia, yang membela Shin. Tidak hanya itu, dukungan terhadap Shin juga datang dari sejumlah pengguna instagram asal Malaysia, yang geram terhadap aksi Van Hau di laga penyisihan grup.

"Terima kasih sudah menyuarakan soal ini," tulis salah satu warganet Malaysia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement