Selasa 10 Jan 2023 07:39 WIB

Suhu Kamar Terbaik yang Membuat Mudah Tidur

Ahli tidur memberi tahu suhu kamar yang tepat agar Anda mudah terlelap.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Suhu kamar terbaik untuk membuat mudah tidur. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Suhu kamar terbaik untuk membuat mudah tidur. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda termasuk orang yang harus "berjuang" untuk bisa tidur pada malam hari? Jangan khawatir, ahli tidur memberi tahu suhu kamar yang tepat agar Anda mudah terlelap.

National Health Services (NHS) di Inggris merekomendasikan agar orang dewasa tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Namun, menurut data yang dikumpulkan oleh ahli botani Cannabotech, hanya setengah dari populasi (56 persen) yang melakukannya.

Baca Juga

Pakar tidur dari The Checklist, Max Stevens, melihat unggahan tentang tidur paling populer di Tiktok. Max menemukan mana yang paling berguna yang berhasil melakukannya pada Januari.

Satu unggahan yang direkomendasikan Max adalah menjaga kamar tidur pada suhu tertentu untuk memastikan Anda dapat tertidur lebih cepat. Sangat menggoda untuk menjaga kamar tidur tetap bagus dan hangat, tetapi ini mungkin bukan hal terbaik untuk mendapatkan tidur berkualitas.

Pengguna Tiktok Bobby, yang mengunggah konten dengan nama pengguna @Bobbbaaaaay, baru-baru ini membagikan video tujuh cara meningkatkan kualitas tidur. Tip pertamanya adalah menjaga suhu kamar tidur antara 18 hingga 20 derajat Celsius.

"Tips ini bagus. Tubuh Anda membutuhkan lingkungan yang sejuk untuk tertidur dan menjaga suhu antara 18 hingga 20 derajat Celsius adalah suhu yang sempurna untuk kualitas tidur juga," ujar Max seperti dilansir laman Mirror, Selasa (10/1/2023).

"Setiap lebih dingin atau lebih panas dan itu dapat memengaruhi suhu internal tubuh Anda. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa banyak dari kita sulit tidur pada bulan-bulan hangat.

Metode tidur lain yang diulas Max adalah menggosok titik-titik tekanan. Menurut dr Eileen dari TikTok (@anew.acu), menggosok titik-titik tekanan pada tubuh dapat membantu tubuh Anda rileks dan mengatasi insomnia. Ahli akupunktur menyarankan orang untuk mengepalkan tangan, di mana jari kelingking dan jari tengah menyentuh tangan Anda.

Titik di mana kelingking Anda menyentuh telapak tangan dikenal sebagai titik jantung, sedangkan titik di mana jari tengah menyentuh adalah titik perikardial. Anda harus menggosok titik-titik ini masing-masing selama 30 detik dan ulangi tiga kali, yang akan membuat Anda tertidur. Menurut Max, cara itu efektif karena akan membuat rileks dan mengosongkan pikiran (saat melakukan gerakan kecil), yang pada gilirannya membuat Anda mengantuk.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement