Rabu 11 Jan 2023 06:16 WIB

Malaysia Terima Kuota Haji 31.600 Jamaah

Malaysia berkomitmen memberikan pelayanan haji terbaik.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi jamaah haji.
Foto: ANTARA/Feny Selly
Ilustrasi jamaah haji.

IHRAM.CO.ID, KUALA LUMPUR – Malaysia telah menerima kuota penuh untuk musim haji tahun ini sebanyak 31.600 jamaah. Hal tersebut disampaikan Menteri di Departemen Perdana Menteri (Urusan Agama) Datuk Dr Mohd Na'im Mokhtar seperti dilansir Malaymail pada Rabu (11/1/2023).

Hal itu juga disampaikan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Dr Tawfiq Fawzan Al Rabia dalam pertemuan khusus pada Senin (9/1/2023) untuk membahas aspek persiapan musim haji 1444 H/2023 M bersamaan dengan Konferensi Layanan Haji dan Umrah 2023 di Arab Saudi.

"Atas nama pemerintah Malaysia, saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Arab Saudi atas kuota penuh ini,” kata Mohd Na'im dalam sebuah unggahan di akun resmi Facebooknya.

Mohd Na'im mengatakan bahwa pada pertemuan tersebut, Dr Tawfiq memuji Malaysia dan khususnya Lembaga Tabung Haji (TH) atas penanganan haji yang terbaik dan sistematis serta layanan teladan yang diberikan kepada para jamaah.

“Saya telah memberikan penegasan bahwa TH akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji Malaysia dan akan mematuhi peraturan pemerintah Arab Saudi,” ujarnya.

Ia juga menyatakan keyakinannya bahwa semua aspek telah diperiksa untuk memastikan keselamatan calon jamaah haji dari seluruh dunia dalam memenuhi rukun Islam yang kelima.

Kuota haji untuk Malaysia dan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) lainnya adalah 0,1 persen dari total populasi negara tersebut. Namun, kuota itu berkurang tahun lalu akibat pandemi Covid-19. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement