Rabu 11 Jan 2023 10:36 WIB

Amphuri Usulkan Pelunasan Haji Khusus Lebih Awal

Amphuri berpendapat, pelunasan haji khusus lebih awal untuk persiapan lebih matang.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Amphuri dan penyelenggaraan haji serta umrah.
Foto: Republika/Alkhaledi kurnialam
Ilustrasi Amphuri dan penyelenggaraan haji serta umrah.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) mengusulkan pelunasan haji khusus dilakukan lebih awal. Usulan tersebut setelah pemerintah Indonesia mendapatkan kuota resemi dari Kerajaan Arab Saudi.

Ketua Umum Amphuri Firman M Nur mengatakan, saat ini ada 17.680 jamaah haji khusus yang siap diberangkatkan  penyelenggaraan ibadah haji khusus (PIHK). Dengan pelunasan lebih awal PIHK dapat melakukan persiapan lebih sempurna.

"Amphuri mengusulkan masa pelunasan Haji Khusus sebanyak 17.680 kuota dapat segera dimulai agar persiapan PIHK bisa lebih matang," kata Firman saat dihubungi Republika, Rabu (11/1/2023).

Apalagi kata dia, sistem persiapan haji khusus dengan haji reguler berbeda. Untuk itu masing-masih PIHK perlu mendapat kepastian kapan bisa melakukan pelunasan.

 

"Haji khusus tidak ada korelasi dengan dengan keputusan harga haji reguler," katanya.

Firman menuturkan, PIHK perlu untuk mempersiapkan semua akomodasi hotel sejak awal. Hal ini ntuk mengantisipasi keterbatasan hotel bintang 4 dan 5 akibat akan tingginya permintaan hotel tersebut, dengan diputuskan bahwa quota haji kembali normal.

"Perlu ada terobosan kebijakan untuk memanfaatkan setiap sisa kuota agar dapat dimanfaatkan oleh jamaah haji dalam daftar tunggu," katanya.

Firman mengaku bersyukur penetapan kuota lebih awal telah diterima Pemerintah Indonesia. Tahun ini Indonesia kembali menerima kuota normal sebanyak 221 ribu seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah, Amphuri dan Umat Islam Indonesia bersyukur atas kembalinya kuota haji menjadi full sebanyak 221 ribu," katanya.

Firman menyampaikan apresiasinya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama jajarannya berhasil melakukan komunikasi dengan baik. Sehingga kuota haji disampaikan lebih awal dan pemerintah dapat menyempurnakan tahapan-tahapan persiapan dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023.

"Amphuri mengapresiasi Menan Menteri Haji Umrah Saudi Arabia atas diumumkannya pelaksanaan haji 2023 dalam kondisi kuota full kembalinya," katanya.

Dia memastikan, kuota haji yang full sangat menggembirakan masyarakat. Karena mereka sudah menunggu kepastian keberangkatan lebih cepat dan mengurangi masa tunggu yang panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement