Kamis 12 Jan 2023 14:04 WIB

Lima Cara Bangun Kebiasaan Makan yang Sehat

Mengelola rasa lapar bisa bangun kebiasaan makan yang sehat.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Muhammad Hafil
Makanan sehat (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Makanan sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Makan secara intuitif merupakan sistem penurunan berat badan yang efektif karena tidak memerlukan perubahan pola makan yang drastis dan kontrol porsi yang tidak realistis. Dengan hanya makan saat lapar dan berhenti saat kenyang, orang lebih cenderung melihat kesuksesan jangka panjang.

Dilansir dari health news pada Kamis (12/1/2023), makan intuitif bergantung pada kebiasaan makan naluriah berdasarkan isyarat kenyang. Karena perubahan perilaku adalah kunci untuk menjaga nutrisi yang sehat dan seimbang dalam jangka panjang, penting untuk menyadari isyarat tubuh.

Baca Juga

Berikut lima cara membangun kebiasaan makan yang sehat yaitu :

1. Tolak Budaya Diet

 

Makan intuitif adalah alternatif untuk diet. Mengikuti diet itu menantang karena diet umumnya adalah program nutrisi terstruktur. Apa, kapan, dan berapa banyak yang akan Anda makan diputuskan sebelumnya. Dalam makan intuitif, Anda bisa makan apapun yang Anda inginkan sampai Anda kenyang. Diet tidak mungkin membantu jika perubahan perilaku menuju pola makan dan gaya hidup sehat tidak tercapai selama periode diet.

2. Kelola Rasa Lapar

Tubuh membutuhkan nutrisi untuk berfungsi. Pola makan yang sehat memberikan energi dan nutrisi sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik. Orang harus makan makanan seimbang sampai kenyang. Seperti yang telah dibuktikan oleh banyak rencana, membatasi atau menghindari makan meningkatkan dorongan untuk makan nanti.

3. Izin Makan Tanpa Syarat

Merasa bersalah dan malu tentang apa yang Anda makan tidak membantu. Mengingatkan diri sendiri boleh makan makanan yang Anda inginkan lebih bermanfaat. Nutrisi yang sehat adalah tentang menyeimbangkan asupan makanan Anda. Kalori bukanlah penentu kualitas gizi suatu makanan. Beberapa makanan tinggi kalori tetapi tetap kaya nutrisi.

4. Jangan Memberi Label Makanan

Makan intuitif bertentangan dengan ide pembatasan nutrisi karena pembatasan makanan dapat menyebabkan siklus berat badan dan merusak kesehatan dalam jangka panjang. Melabeli makanan sebagai baik atau buruk bersifat membatasi. Makan intuitif tidak setuju dengan pelabelan makanan. Rasa malu dan bersalah datang dengan memakan makanan berlabel buruk dan dapat menyebabkan hubungan yang tidak sehat dengan makanan.

5. Kenali Rasa Kenyang

Belajarlah untuk memercayai isyarat lapar dan kenyang Anda. Akan sangat membantu untuk menyadari tingkat rasa lapar Anda selama makan. Karena itu, jika Anda masih lapar, makanlah makanan yang Anda inginkan. Jika sinyal tubuh Anda memberi tahu Anda bahwa Anda sudah kenyang, berhentilah makan.

Sumber :

https://healthnews.com/nutrition/healthy-eating/10-tips-for-building-healthy-intuitive-eating-habits/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement