Sabtu 14 Jan 2023 17:30 WIB

Pelajar Muslim Kesulitan Karena India Hentikan Bantuan Pendidikan

Kondisi ini berubah dan menjadi pukulan besar bagi pelajar Muslim di India.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil
Pelajar Muslim Kesulitan Karena India Hentikan Bantuan Pendidikan. Foto:  Beasiswa (ilustrasi)
Foto: PxHere
Pelajar Muslim Kesulitan Karena India Hentikan Bantuan Pendidikan. Foto: Beasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,UTTARPRADESH–Bagi Rayees Ahmed, seorang sarjana peneliti berusia 26 tahun dari Kashmir yang belajar di Universitas Muslim Aligarh, Uttar Pradesh, pilihan untuk mengejar pendidikan tinggi tidaklah mudah. Terutama setelah kehilangan ayahnya bertahun-tahun yang lalu, pendidikan Ahmed sebagian besar didukung oleh kakak-kakaknya.

Sehingga untuk lebih mendukung dirinya sendiri selama mengejar gelar PhD-nya, Ahmed mengandalkan Maulana Azad National Fellowship (MANF) yang merupakan skema dukungan untuk siswa minoritas di India yang mengejar gelar M.Phil atau PhD.

Baca Juga

“Saya kira saya tidak akan bisa mengejar gelar PhD, seandainya saya tidak memenuhi syarat untuk fellowship karena banyak biaya yang harus ditanggung ketika seseorang mengejar pendidikan tinggi,” katanya dilansir dari Taiwan News, Kamis (12/1/2023).

Namun, kondisi ini berubah dan menjadi pukulan besar bagi siswa dari komunitas minoritas lainnya karena pemerintah India mengumumkan penghentian bantuan MANF pada bulan Desember. Menteri Urusan Minoritas Smriti Irani mengatakan bahwa MANF tumpang tindih dengan berbagai skema beasiswa lain untuk pendidikan tinggi yang dilaksanakan oleh pemerintah, kemudian bahwa siswa minoritas disebut sudah tercakup dalam skema tersebut.

MANF diberikan oleh pemerintah India kepada enam agama minoritas, yakni Muslim, Budha, Kristen, Jain, Parsi, dan Syiah. Program itu diperkenalkan pada tahun 2009, mengikuti rekomendasi Komite Sachar, yang dibentuk oleh mantan pemerintah Aliansi Progresif Bersatu yang berkuasa untuk mempelajari status sosial, ekonomi dan pendidikan komunitas Muslim di India.

Seorang sarjana yang mengejar gelar PhD di bidang STEM di sebuah universitas negeri di negara bagian Utara Uttar Pradesh memberi tahu DW tentang tekanan belajar tanpa dukungan keuangan.

"Saya tidak memenuhi syarat untuk MANF dalam dua tahun pertama PhD saya, jadi saya telah mengalami kerugian psikologis karena tidak memiliki dukungan dana saat mengejar karir dalam penelitian," kata sarjana itu kepada DW yang meminta namanya tidak disebutkan.

Menurut sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan oleh Council for Social Development yang menganalisis data pendidikan dari sensus resmi, keseluruhan pendaftaran di pendidikan tinggi adalah 23 persen pada tahun 2010. Persentase pendaftaran Muslim hanya 13,8 persen. Laporan tersebut menyimpulkan bahwa anggota komunitas Muslim paling tidak mungkin berpartisipasi dalam pendidikan tinggi.

“Muslim adalah kelompok yang paling pantas membutuhkan tindakan afirmatif. Penghentian MANF merupakan pukulan yang lebih besar bagi komunitas Muslim dibandingkan dengan agama minoritas lainnya,” kata Khalid Khan, asisten profesor di Indian Institute of Dalit Studies.

Siswa mempertanyakan logika tumpang tindih

Sementara Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman mengatakan bahwa siswa yang memenuhi syarat untuk beasiswa sebelum 31 Maret 2022 akan terus menerima manfaat untuk sisa periode kursus mereka. Keputusan tiba-tiba untuk membatalkan MANF telah menimbulkan kehebohan di kalangan komunitas Muslim.

Menyoal alasan \"tumpang tindih\" yang diberikan pemerintah untuk menghentikan MANF, Ahmed mengatakan bahwa logika yang sama dapat diterapkan pada skema beasiswa lain yang diperuntukkan bagi kelompok yang terpinggirkan.

“Tidak ada masalah tumpang tindih. Satu siswa hanya dapat memperoleh satu beasiswa pada satu waktu,” kata Suarabh Anand, yang berasal dari komunitas Buddhis dan seorang sarjana PhD yang terdaftar di Universitas Pusat Himachal Pradesh.

Mengekspresikan keprihatinannya, katanya, peneliti dari semua latar belakang khawatir sekarang karena pemerintah dapat menutup skema beasiswa lain dengan alasan serupa.

“Ini sama sekali bukan lingkungan yang kondusif jika pemerintah ingin penelitian berkembang,” tambahnya.

Sejak Desember, beberapa organisasi mahasiswa telah memprotes keputusan tersebut dan mengadakan protes di seluruh negeri. Banyak pemimpin politik telah mengangkat masalah ini di parlemen dan menuntut agar pemerintah mencabut keputusannya untuk menghentikan persekutuan tersebut.

Anggota parlemen Imran Pratapgarhi mengatakan kepada DW bahwa langkah pemerintah itu "anti-minoritas" dan "anti-mahasiswa" dan akan merugikan ribuan orang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement