Senin 16 Jan 2023 15:44 WIB

UIN Datokarama Bantu Biaya Pendidikan Warga Kurang Mampu Kuliah S1

UIN Datokrama berkomitmen menghadirkan pendidikan berkualitas.

UIN Datokrama Palu Sulawesi Tengah
Foto: Youtube
UIN Datokrama Palu Sulawesi Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, membantu biaya pendidikan warga kurang mampu di provinsi itu untuk mengenyam pendidikan (kuliah) jenjang strata satu di perguruan tinggi tersebut.

"Iya, UIN sebagai perguruan tinggi milik negara, tentu akan memperhatikan warga kurang mampu untuk mengenyam pendidikan jenjang strata satu," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Profesor Abidin Djafar, di Palu, Senin (16/1/2023).

Abidin menerangkan, intervensi biaya pendidikan bagi warga kurang mampu untuk mengenyam pendidikan strata satu di UIN Palu, dilakukan dengan skema pemberian beasiswa.

Berdasarkan data bagian akademik, terdapat sembilan komponen/jenis beasiswa yang dikelola oleh UIN Datokarama untuk masyarakat di Sulawesi Tengah meliputi beasiswa kartu Indonesia pintar (KIP)/Bidikmisi, beasiswa Baznas, beasiswa Bank Indonesia, beasiswa penghafalAl Quran, beasiswa Indonesia bangkit, beasiswa kajian keislaman, beasiswa prestasi akademik, beasiswa trasmigrasi, dan beasiswa prestasi non-akademik.

Pemberian beasiswa kepada masyarakat untuk mengenyam pendidikan S1, kata dia, sejalan dengan upaya pemerintah membangun sumber daya manusia (SDM) unggul di masa kini dan akan datang.

"Beasiswa ini diberikan kepada warga kurang mampu namun berprestasi. Hal ini sebagai bentuk wujud komitmen dan konsistensi UIN Datokarama dalam mewujudkan SDM unggul," kata Abidin.

Oleh karena itu, Abidin menegaskan, masyarakat di Sulawesi Tengah tidak perlu ragu untuk kuliah di UIN Palu, karena selain menyediakan akses pembiayaan untuk meringankan beban masyarakat. UIN juga menyiapkan fasilitas dan sarana yang memadai dalam menunjang peningkatan kompetensi individual mahasiswa.

Selain itu, kata dia, program - program studi yang ada pada UIN Datokarama, merupakan program studi yang sejalan dengan kebutuhan pasar dan tantangan zaman. Sehingga, mahasiswa kelak mampu bersaing dengan alumni perguruan tinggi lainnya dalam dunia kerja.

"UIN Datokarama tidak hanya memiliki program studi agama, tetapi juga memiliki program studi umum. Dalam pembelajaran, UIN mengintegrasikan ilmu - ilmu agama dengan ilmu - ilmu umum, sehingga hal ini menjadi satu kelebihan bagi UIN Palu. Artinya, di samping belajar ilmu umum, mahasiswa juga akan belajar ilmu agama," ungkapnya.

Saat ini UIN Palu telah membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru yang diawali dari penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Tahun 2023.

"Kami telah menurunkan tim untuk sosialisasi penerimaan SPAN di wilayah Sulteng dan Sulbar. Bagi masyarakat yang berminat untuk kuliah di UIN, agar segera mendaftar secara online, atau mendatangi sekretariat pendaftaran yang tersedia di kampus satu dan dua UIN Datokarama," kata dia

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement