Selasa 17 Jan 2023 15:27 WIB

Perlebar Jalan, India Hancurkan Masjid Bersejarah

Masjid dihancurkan dengan buldoser.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Perlebar Jalan, India Hancurkan Masjid Bersejarah
Foto: Anadolu Agency
Perlebar Jalan, India Hancurkan Masjid Bersejarah

IHRAM.CO.ID, LUCKNOW -- Sebuah masjid bersejarah dilaporkan dihancurkan pada Ahad (15/1/2023). Pembongkaran masjid yang terletak di negara bagian Uttar Pradesh, India utara, ini ditujukan untuk memperlebar jalan.

Seorang mantan ketua Kerja Sama Air Internasional Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Ashok Swain membagikan video proses penghancuran masjid dengan buldoser di akun Twitter resminya.

Baca Juga

Tidak hanya dia, seorang wartawan dan aktivis penentang Islamofobia CJ Werleman juga membagikan video tersebut. Ia mengatakan masjid tersebut telah dihancurkan oleh rezim Hindutva dengan dalih pelebaran jalan.

Dilansir di Pakistan Observer, Selasa (17/1/2023), platform non-partisan yang dikelola jurnalis Saffron Diaries mencatat, menurut Amandemen ke-42 konstitusi India disebutkan negara tersebut adalah negara sekuler. Namun, pada kenyataannya negara membuldoser sebuah masjid bersejarah.

Menurut Muslim Spaces, masjid yang dihancurkan ini adalah Masjid Shahi di Handia, Allahabad. Bangunan tempat ibadah umat Muslim tersebut dibangun pada masa Sher Shah Suri.

Adapun proses pembongkaran tersebut dilakukan hadapan Departemen Pekerjaan Umum untuk memperlebar Jalan GT. Di sisi lain, perencanaan aksi tersebut dilaporkan terdaftar pada 16 Januari di pengadilan yang lebih rendah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement