Rabu 18 Jan 2023 13:36 WIB

Universitas BSI Lepas Peserta BSI Explore 2023 di 35 Desa

BSI Explore 2023 melibatkan 175 mahasiswa terbaik dari 1.307 pendaftar.

Universitas BSI baru saja melaksanakan Pelepasan Peserta BSI Explore 2023 di 35 desa dan enam provinsi bertajuk Merajut Indonesia, Menginspirasi Negeri.
Foto: Dok. Universitas BSI
Universitas BSI baru saja melaksanakan Pelepasan Peserta BSI Explore 2023 di 35 desa dan enam provinsi bertajuk Merajut Indonesia, Menginspirasi Negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif terus berupaya menyelenggarakan kegiatan yang penuh kreativitas dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat luas. Selaras dengan hal tersebut, Universitas BSI baru saja melaksanakan Pelepasan Peserta BSI Explore 2023 di 35 desa dan enam provinsi bertajuk ‘Merajut Indonesia, Menginspirasi Negeri’ secara hybrid di gedung Rektorat Universitas BSI dan online melalui channel Youtube KuliahBSIAja, Jumat (13/1/2023).

Dalam acara yang dipandu oleh Diah Ayu Ambarsari selaku staf Wakil Rektor II Bidang Non Akademik ini dihadiri oleh ketua pelaksana BSI Explore 2023 Ade Suryadi, Wakil Rektor II Bidang Non Akademik Suharyanto, Dosen Pendamping Lapangan (DPL), dan peserta terpilih BSI Explore 2023. Dalam sambutannya, Ade mengatakan bahwa BSI Explore 2023 pendaftarannya sudah dibuka sejak Oktober 2022 yaitu melalui website https://bsiexplore.com/ dan diperoleh sejumlah 1.307 pendaftar dari seluruh kampus Universitas BSI di Indonesia.

Baca Juga

“Dari 1.307 pendaftar yang kami seleksi, pada akhirnya kami memutuskan untuk menerima 175 mahasiswa terbaik dari 1.307 yang pendaftar,” ujar Ade dalam keterangan pers, dikutip Rabu (18/1/2023). 

Lanjutnya, 175 peserta terpilih BSI Explore 2023 ini ditempatkan pada 35 Desa yang tersebar di 6 Provinsi. Sebanyak 35 Desa menandakan bahwa BSI Explore 2023 ini menyambut HUT ke-35 BSI pada Maret nanti.

 

“Untuk wilayah Bekasi, Jawa Barat terbagi di Desa Cibening, Desa Ciledug Setu, dan Desa Suka Asih. Sedangkan Untuk wilayah Tangerang, Banten terbagi di Desa Sarakan, Desa Ketapang, dan Desa Tanjung Pasir. Sementara untuk wilayah Pontianak, Kalimantan Barat terbagi di Desa Kubu, Desa Dusun Karya, Desa Sungai Deras, Desa Arus Deras, Desa Teluk Nangka, Desa Dusun Karya Sari,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk wilayah Karawang, Jawa Barat terbagi di Desa Cinta Laksana, Desa Cinta Wargi, dan Desa Mekarbuana. Sedangkan untuk wilayah Sukabumi, Jawa Barat terbagi di Desa Gunung Jaya, Desa Gede Pangrango, dan Desa Sukamaju.

“Kemudian untuk wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat terbagi di Kelurahan Bungur Sari, Kelurahan Tanjung, dan Desa Beber. Untuk wilayah Tegal, Jawa Tengah terbagi di Desa Kebandingan, dan Desa Gembongdadi. Wilayah Yogyakarta, DIY terbagi di Desa Klayar, Desa Ngawis, dan Desa Karanganom,” paparnya.

Lebih lanjut, untuk wilayah Banyumas atau Purwokerto, Jawa Tengah terbagi di Desa Pasir Wetan, Desa Lingga Sari, dan Desa Pangebatan. Selanjutnya, untuk wilayah Bogor, Jawa Barat terbagi di Desa Babakan, Desa Ciseeng, dan Desa Cibentang.

“Untuk wilayah Cikampek, Jawa Barat terbagi di Desa Cikampek Utara, dan Desa Dawuan Tengah. Dan yang terakhir yaitu di desa Cugenang, Cianjur, Jawa Barat,” bebernya.

Ia mengatakan, BSI Explore 2023 akan dimulai pada 15 Januari sampai dengan 5 Februari 2023. Dalam kurang lebih tiga pekan, peserta BSI Explore 2023 diharapkan mampu menjalankan program kerja yang telah diberikan arahan, baik dari panitia maupun DPL.

“Program kerja yang harus dilakukan adalah mengajar di sekolah dasar serta menjadi mitra guru, pemberdayaan pemuda dan masyarakat, dan eksplor potensi desa. Semua program kerja tersebut harus dilaksanakan seluruh peserta terpilih BSI Explore 2023,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement