Kamis 19 Jan 2023 01:34 WIB

Kemenag Sulut tingkatkan kualitas KUA di kepulauan

KUA diharapkan semakin meningkatkan pelayan pada masyarakat.

Ilustrasi Kantor Urusan Agama (KUA).
Foto: istimewa
Ilustrasi Kantor Urusan Agama (KUA).

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meningkatkan kualitas Kantor Urusan Agama (KUA) di wilayah kepulauan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Sangihe Irwan Musa, di Manado, Rabu (18/1/2023), mengatakan setelah melantik empat penghulu atau Kepala KUA Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Sangihe, diharapkan semakin meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

"Jabatan yang kita miliki hanya merupakan titipan dan amanah, jabatan itu suatu ketika tidak akan kita bawa, kelak kita yang akan meninggalkan segala sesuatu di dunia ini termasuk jabatan, untuk itu tidak perlu kita sombongkan," kata Musa.

Dia mengatakan sebagai aparatur Kementerian Agama terlebih khusus para penghulu/kepala KUA, di mata masyarakat menjadi bagian dari tokoh umat, tokoh masyarakat yang di kenal memiliki pengetahuan yang unggul di bidang agama dan keagamaan.

 

Irwan Musa, menjelaskan tanggung jawab di tempat yang baru, apapun jabatannya termasuk kepala KUA/penghulu ini konsekuensi tugas dan fungsinya.

"Mari kita lakukan secara ikhlas, jujur dan bertanggungjawab, dengan mengutamakan kinerja yang baik serta disiplin," jelasnya.

Pihaknya berpesan, khususnya kepada para penghulu/kepala KUA yang dilantik, agar langsung laksanakan tugas, tanggung jawab dengan baik kepada masyarakat dan pemerintah.

"Karena apapun keberadaan kita tetap menjadi sebuah bidikan, sorotan, mari berikan pelayanan baik dan profesional kepada umat dan masyarakat di mana kalian ditugaskan," jelas Irwan Musa.

Pelantikan dilaksanakan di Aula Gedung PLHUTKemenag Sangihe, pelantikan berjalan dengan lancar dan turutdihadirioleh Kasubag TU merry Mansoara, Kepala Seksi PHU Anwar Kondoalumang, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kusnadi, Plt Bimas Islam Wasikoh, Penyelenggara Zakat/wakaf Muh Ali Lintuhaseng, tenaga struktural, tenaga fungsional dan PPNPN Kemenag Sangihe di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Adapun para Penghulu/Kepala KUA Kecamatan yang dilantik tersebut adalah: Ridwan Naki sebagai Penghulu/Kepala KUA Kecamatan Tahuna, Alwakik Soleman sebagai Penghulu/Kepala KUA Kecamatan Manganitu, Abdul Samad Djamaluddin sebagai Penghulu/Kepala KUA Kecamatan Kendahe, dan Chuldi Darondo sebagai Penghulu/Kepala KUA Kecamatan Manganitu Selatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement