Kamis 19 Jan 2023 13:52 WIB

Maroko-Israel Perkuat Kerja Sama Militer

Maroko sepakat untuk perkuat kerja sama militer dengan Israel termasuk keamanan siber

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Angkatan Bersenjata Maroko mengatakan mereka sepakat untuk memperkuat kerja sama militer dengan Israel. Termasuk di bidang keamanan siber dan intelijen.
Foto: EPA
Angkatan Bersenjata Maroko mengatakan mereka sepakat untuk memperkuat kerja sama militer dengan Israel. Termasuk di bidang keamanan siber dan intelijen.

REPUBLIKA.CO.ID, RABAT -- Angkatan Bersenjata Maroko mengatakan mereka sepakat untuk memperkuat kerja sama militer dengan Israel. Termasuk di bidang keamanan siber dan intelijen.

"Kedua negara sepakat untuk terus memperkuat kerja sama dan memperluasnya ke bidang lain termasuk intelijen, pertahanan udara dan perang elektronik," kata Angkatan Bersenjata Maroko dalam pernyataannya seperti dikutip dari the Times of Israel, Kamis (19/1/2023).

Pengumuman ini disampaikan usai pertemuan pertama komite pengawas kerjasama pertahanan Maroko-Israel di Rabat. Pertemuan dua hari itu meninjau kerjasama militer kedua negara "termasuk di bidang logistik, pelatihan, pembelian dan modernisasi peralatan."

Pada tahun 2020 dua negara memformalkan hubungannya usai kesepakatan serupa antara Israel dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain. Kesepakatan yang ditengahi pemerintahan mantan presiden Donald Trump dikenal sebagai Perjanjian Abrahim.

Kesepakatan dengan Maroko diikuti pengakuan AS pada kedaulatan Maroko di wilayah Sahara Barat yang disengketakan. Sebagai balasan kesediaan Maroko memperbaiki hubungan dengan Israel.

Pengakuan ini menimbulkan kekhawatiran dari negara tetangganya, Aljazair yang sudah lama mendukung gerakan Polisario yang ingin memerdekakan Sahara Barat. Israel belum resmi mengakui kedaulatan Maroko di Sahara Barat meski Rabat menekannya.

Pada November 2021, menteri pertahanan Israel saat itu Benny Gantz menandatangani nota kesepahaman yang menguraikan hubungan keamanan dengan Maroko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement