Jumat 20 Jan 2023 10:06 WIB

Menag: tak Bisa Berangkatkan Jamaah Haji Lansia Sekaligus

Prioritas keberangkatan jamaah haji lansia harus diperhatikan.

Rep: Nawir Arsyad/ Red: Muhammad Hafil
Petugas membantu jamaah haji lansia setibanya di Asrama Haji Transit di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (9/9/2019).
Foto: Antara/Mohamad Hamzah
Petugas membantu jamaah haji lansia setibanya di Asrama Haji Transit di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (9/9/2019).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan, terdapat 62.879 calon jamaah haji yang masuk dalam kategori lanjut usia (lansia). Ia mengatakan, seluruh calon jamaah lansia tersebut tak bisa langsung diberangkatkan haji sekaligus pada tahun ini.

"Ini kategori usia lanjut yang berjumlah 62.879 jamaah itu tadi. Nah tentu kita tidak mungkin memberangkatkan semua sekaligus," ujar Yaqut dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Kamis (19/1/2022).

Baca Juga

Lebih detail dari 62.879 calon jamaah haji tersebut, 51.778 orang di antaranya masuk dalam kategori usia 65-75 tahun. Selanjutnya, 8.760 calon jamaah haji (76-85 tahun), 2.074 orang (86-95 tahun), dan 269 calon jamaah berusia di atas 95 tahun.

"Ada beberapa kategori yang sedang kita bahas di tingkat kementerian dan variabel-variabel apa yang bisa memungkinkan jamaah ini diberangkatkan. Termasuk tentu salah satunya jelas jamaah lansia dalam kondisi sehat, ini menjadi penting dan untuk menentukan jamaah lansia ini," ujar Yaqut.

Kementerian Agama (Kemenag) saat ini terus mengkaji penanganan bagi calon jamaah haji yang masuk kategori lansia. Termasuk dalam memberikan masukan bagi petugas haji untuk penanganan mereka.

"Soal kesehatan haji, per hari kemarin kita juga sudah melakukan diskusi dengan Kementerian Kesehatan untuk menentukan Istitha'ah kesehatan bagi calon jamaah," ujar Yaqut.

"Ini yang sering kali kita abai gitu ya terhadap Istithaah kesehatan, sehingga di tahun lalu kita masih temukan jamaah yang sebetulnya sangat berat, sudah sangat masak saat itu, tetapi tetap berangkat, tetap diberangkatkan ke sana dan di sana tidak bisa melakukan ibadah secara maksimal," sambungnya.

Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis meminta pemerintah memprioritaskan keberangkatan ibadah haji bagi warga negara Indonesia yang berumur di atas 65 tahun atau lanjut usia (lansia). Ia menilai daftar tunggu keberangkatan haji saat ini sangat panjang.

Politikus Partai Golkar ini mengatakan, ibadah haji menjadi impian bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi yang mampu. Sayangnya, untuk berangkat haji diperlukan penantian yang panjang.

"Daftar tunggu sangat lama sekali. Kasihan masyarakat yang berumur di atas 65 tahun, bisa jadi sebelum waktu keberangkatannya tiba mereka tidak dapat merasakannya karena umurnya sudah terlalu tua," ujar John.

Menurutnya, antusiasme masyarakat muslim untuk berangkat ibadah haji sangat besar. "Sehingga, (prioritas haji bagi lansia) ini yang harus kita perhatikan juga. Jangan sampai mereka yang sudah tua ini terlalu lama karena nanti keburu tidak ada umur," ujar John.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement