Ahad 22 Jan 2023 06:50 WIB

Jalan Sehat Satu Abad NU, Puro Mangkunegaran Dipadati Ribuan Warga

Warga antusias ikuti jalan sehat satu abad NU.

Rep: C02/ Red: Muhammad Hafil
Ribuan masyarakat sudah memadati Jalan Sehat Nahdlatul Ulama yang akan digelar di Puro Mangkunegaran, Ahad (22/1/2023). Rencananya mulai dari Presiden Jokowi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan mengikuti acara tersebut.
Foto: C02
Ribuan masyarakat sudah memadati Jalan Sehat Nahdlatul Ulama yang akan digelar di Puro Mangkunegaran, Ahad (22/1/2023). Rencananya mulai dari Presiden Jokowi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan mengikuti acara tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO–Ribuan masyarakat sudah memadati Jalan Sehat Nahdlatul Ulama yang akan digelar di Puro Mangkunegaran, Ahad (22/1/2023). Rencananya mulai dari Presiden Jokowi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan mengikuti acara tersebut. 

Dari pantauan Republika, ribuan Nahdliyin sudah memadati area Puro Mangkunegaran sejak pukul 03.00 WIB. Rata-rata mereka mengenakan kaos putih bercorak hijau dengan logo NU satu abad di depannya. Sholawat pun digemakan Nahdliyin sembari menunggu dimulainya jalan sehat.

Baca Juga

Dwi Maria Ulfa (39 tahun) salah satu peserta jalan sehat asal Kudus mengatakan bahwa dirinya sampai di Puro Mangkunegaran sekitar pukul 02.30 WIB pagi. Ia mengatakan bahwa dirinya berangkat dari Kudus sejak pukul 10.00 WIB dan sampai di Kota Solo sekitar 14.30 WIB.

"Saya dari Kudus dateng bersama 15 bus, sekalian nengok anak saya yang ikutan Porseni juga," kata Maria, Ahad (22/1/2023).

Mengingat Porseni baru pertama kali digelar, Dwi mengatakan bahwa ikut semangat melihat banyaknya warga nahdliyin. Ia mengaku juga gembira dapat mengikuti jalan sehat. "Wah senang sekali, satu abad NU, yes," katanya. 

Selain itu, Dwi mengatakan bahwa ia berharap dengan NU yang sudah berusia satu abad dia berharap jalanya organisasi agar semakin kompak. Ia juga berharap agar Porseni sendiri digelar setahun sekali. "Harapannya NU semakin solid semakin maju," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Nusron Wahid menyebut jalan sehat akan ada para menteri yang hadir. Diantaranya, Menko Polhukam, Mahfud MD, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, dan beberapa menteri lain.

"Ya petinggi NU datang semua, ada pak Menkopolhukam, pak Menteri Agama, Erick Thohir, pak Mendikbud. Ada sekitar 7 atau 8 pejabat negara yang hadir," beber dia. 

Selain para menteri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dijadwalkan akan hadir dalam gelaran jalan sehat tersebut. "(Presiden) insya allah hadir. Kita sudah menghadap beliau akan kehadiran, tapi sampai hari ini tinggal menunggu kepastian dari pihak Setneg dan Setpres," pungkasnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement