Ahad 22 Jan 2023 12:13 WIB

Taman Margasatwa Ragunan Dikunjungi 8.509 Orang Saat Libur Imlek

Jalur Puncak Bogor juga mengalami kepadatan saat libur Imlek.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Friska Yolandha
Sejumlah pengunjung memadati Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta, Ahad (1/1/2023). Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan menyebut telah menerima kunjungan sebanyak 8.509 orang saat libur Tahun Baru Imlek pada Ahad (22/1/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah pengunjung memadati Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta, Ahad (1/1/2023). Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan menyebut telah menerima kunjungan sebanyak 8.509 orang saat libur Tahun Baru Imlek pada Ahad (22/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan menyebut telah menerima kunjungan sebanyak 8.509 orang saat libur Tahun Baru Imlek pada Ahad (22/1/2023). Pengelola Taman Margasatwa Ragunan dalam rangka meningkatkan kenyamanan pengunjung juga menyediakan lintasan lari dan pejalan kaki serta perpustakaan daring. 

"Data pengunjung per pukul 10.00 WIB tercatat sebanyak 8.509 pengunjung, sedangkan jumlah kendaraan yang digunakan 1.191 kendaraan bermotor, 13 bus, 264 sepeda, 929 kendaraan roda empat," kata Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang saat dihubungi di Jakarta, Ahad.

Baca Juga

Wahyudi menjelaskan sejak pemerintah mencabut kebijakan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM) maka kunjungan Taman Margasatwa Ragunan tidak ada lagi pembatasan kuota. 

Taman Margasatwa Ragunan tetap buka tanggal 22 - 23 Januari 2023, sedangkan tanggal 24 Januari 2023 tutup untuk pemeliharaan. Untuk masyarakat yang ingin berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan pada liburan Imlek, jam operasi dari 07.00 hingga 16.00 WIB serta menggunakan tiket JakCard dengan harga Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 bagi anak-anak.

 

photo
Sejumlah kendaraan wisatawan antre memasuki jalur wisata Puncak, Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (21/1/2023). Kepadatan kendaraan wisatawan mulai terlihat menuju kawasan Puncak Bogor jelang libur Tahun Baru Imlek 2574 serta libur cuti bersama, sehingga Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem satu arah (one way) dan sistem lawan arus (contra flow) di keluar tol Jagorawi. - (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Sementara itu, terjadi peningkatan arus lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, pada akhir pekan ini. Kenaikannya mencapai 22 hingga 25 persen dibandingkan akhir pekan biasanya. 

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata, mengatakan untuk mengurai arus kepadatan lalu lintas pihaknya melaksanakan rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way, dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak. “Ada peningkatan arus masyarakat yang berkunjung ke kawasan wisata Puncak. Pukul 08.30 WIB tadi, kita laksanakan one way arah atas untuk menarik arus masuk. Sampai saat ini, arus yang masuk masih cukup ramai,” kata Dicky di Pos Polisi Gadog, Ahad.

Mulai sekitar pukul 09.00 WIB, arus kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak dari Exit Tol Gadog mencapai dua lapis atau dua jalur. Namun polisi belum bisa memerinci berapa jumlah kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak hari ini.

Lebih lanjut, Dicky mengatakan, diprediksi puncak arus kendaraan masuk ke kawasan Puncak terjadi pada hari ini. Kendati demikian, diperkirakan wisatawan juga diperkirakan akan kembali ke arah Jakarta pada sore ini, setelah menginap pada Jumat dan Sabtu.

“Mulai kembali hari ini, nanti siang kita lihat situasi bagaimana. Apabila kita perlu laksanakan oneway ke arah Jakarta kita laksanakan,” jelasnya.

Selain one way, Dicky menambahkan, polisi juga sudah melaksanakan rekayasa lalu lintas ganjil-genap mulai Jumat, Sabtu, Ahad, hingga Senin secara situasional. Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 84 Tahun 2021. Sehingga, kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak sudah terbagi.

“Kalau arus masuk sendiri sudah terbagi sejak Jumat kemarin masyarakat yang ke puncak menginap, Sabtu juga demikian, Minggu juga demikian oleh karena itu kita mengantisipasi betul arus baliknya,” ujar Dicky.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement