Senin 23 Jan 2023 02:02 WIB

Lima Olahraga yang Bisa Bantu Redakan Cemas dan Gejala Depresi

Ada olahraga yang jika dilakoni teratur bisa meredakan kecemasan dan gejala depresi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Lima jenis olahraga yang apabila dijalani teratur dapat meredakan kecemasan dan gejala depresi. (ilustrasi)
Foto: PxHere
Lima jenis olahraga yang apabila dijalani teratur dapat meredakan kecemasan dan gejala depresi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga tidak hanya baik untuk fisik, tapi juga berdampak baik terhadap kesehatan mental. Ada sejumlah jenis olahraga yang jika dilakoni secara teratur dapat membantu meningkatkan suasana hati serta meredakan gejala depresi dan kecemasan.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa olahraga tidak dimaksudkan untuk menggantikan terapi dan pengobatan bagi pengidap masalah kesehatan mental tertentu. Hanya saja, olahraga merupakan alat yang sangat baik untuk mendukung kondisi kesehatan mental. Berikut lima olahraga yang bisa dicoba, dikutip dari laman CNET, Ahad (22/1/2023):

Baca Juga

1. Jalan santai

Berjalan santai dapat membantu meredakan stres, mengatasi gejala kecemasan, dan meningkatkan pikiran positif. Jika menginginkan hasil terbaik, berjalanlah di antara pepohonan, taman, dan ruang terbuka hijau.

 

Berjalan-jalan di alam telah terbukti mengurangi kecemasan. Tidak perlu terlalu jauh atau lama. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 15 menit dapat menurunkan risiko depresi sebesar 26 persen.

2. Berlari

Jika mencari bentuk olahraga yang lebih intens untuk menjaga kesehatan mental, cobalah olahraga lari. Saat berlari, otak dibanjiri endorfin yang meningkatkan suasana hati, yang biasa diistilahkan sebagai "runner's high".

Studi telah menemukan bahwa berlari di luar ruangan menjadi cara ampuh untuk mendapat efek antidepresan. Berlari secara konsisten juga dapat membuat seseorang tidur lebih mudah dan kualitas tidur meningkat, hal yang penting untuk menurunkan gejala kecemasan dan depresi.

3. Latihan kekuatan

Cobalah latihan kekuatan jika menginginkan manfaat tambahan dari membangun otot sambil mendukung kesehatan mental. Jenis olahraga ini dapat menurunkan risiko berkembangnya depresi atau meredakan gejala yang ada.

Seseorang juga mendapatkan kepuasan dari upaya pemenuhan tujuan latihan kekuatan. Tidak harus pergi ke gym dan mengangkat beban. Latihan kekuatan dapat dengan mudah dilakoni di rumah, baik dengan resistence band atau berat badan diri sendiri.

4. Yoga

Yoga tidak hanya membantu membuat tubuh menjadi santai dan lentur, tetapi juga memberikan kesempatan untuk merenung dan bermeditasi. Itulah mengapa yoga jadi salah satu latihan terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mental.

Berfokus pada pernapasan dapat menghilangkan situasi kesehatan mental yang buruk seperti berpikir negatif dan overthinking. Pernapasan yang terkontrol mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, membuat diri dalam keadaan rileks akibat penurunan detak jantung dan tekanan darah.

5. Menari

Pilihan olahraga lain yang dapat mengurangi kecemasan secara signifikan adalah menari. Seperti yoga, seseorang dapat memilih jenis tarian yang diinginkan. Entah itu balet, tango, zumba, atau tarian kontemporer, semuanya memiliki manfaat.

Tidak selalu harus mendaftar di sanggar tari untuk menuai keuntungan. Ada banyak kelas dansa virtual yang bisa diikuti dari rumah. Namun, tarian kelompok yang disinkronkan atau dikoreografikan memang dapat memaksimalkan hasil, apalagi jika butuh interaksi sosial.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement