Kamis 26 Jan 2023 02:32 WIB

Cara Membuat Kopi di Rumah Agar Seenak di Coffee Shop

Biji kopi yang sudah dipanggang akan secara dramatis memengaruhi rasa kopi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Cara membuat kopi enak di rumah tanpa mesin kopi. (ilustrasi)
Foto: Pix4free
Cara membuat kopi enak di rumah tanpa mesin kopi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meminum secangkir kopi pada pagi hari sebelum beraktivitas tampaknya menyenangkan. Anda bisa membuatnya di rumah daripada membeli di kedai kopi.

Penulis dari How to Make the Best Coffee at Home: “Take a month’s budget of cafe coffee and spend it on a grinder” James Hoffmann mengungkapkan seseorang bisa sedikit berinvestasi untuk meningkatkan cara membuat kopi di rumah. Hasilnya, Anda bisa menghemat uang selama setahun.

Hoffmann mengumpamakan membeli kopi bubuk seperti apel yang dipotong dadu karena mereka basi dengan cepat dan rusak. Maka dari itu, membeli mesin penggiling kopi dengan cara menyesuaikan ukurannya, seperti medium hingga medium-fine untuk teko kopi pres Prancis (cafetiere), bisa menjadi opsi.

Baca juga : Dokter Larang Berikan Kopi Saset pada Bayi, Ini Isi Kandungannya yang Berbahaya

“Tapi pastikan Anda mencari burr grinder untuk tekstur yang konsisten,” ujar Hoffman, dilansir The Guardian, Rabu (25/1/2023).

Selain mesin penggiling kopi, satu set timbangan juga berguna untuk menimbang biji kopi. Jadi, Anda bisa memastikan porsinya di cangkir setiap waktu. Anda bisa menggunakan timbangan dapur untuk menimbang biji kopi.

“Timbangan dapur bekerja dengan baik,” kata Hoffmann.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah saat membeli biji kopi, carilah mereka saat tanggal pemanggangan. Dale Harris dari Ozone Coffee di London mengatakan, kesegaran itu penting. Jadi belilah sedikit dan sering, serta simpan dalam wadah yang kedap udara dan taruh di tempat gelap.

Harris menyarankan untuk menyeduh bubuk kopi dalam waktu empat hingga enam pekan. Dengan begitu, kopi Anda akan terasa lebih baik secara signifikan.

Faktor lainnya adalah asal kopi, meskipun Harris mengatakan nama pertanian atau produsen itu lebih penting daripada negara asal. Biji kopi yang sudah dipanggang akan secara dramatis memengaruhi rasa kopi.

Baca juga : Ini Lima Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Wajib Kamu Tahu

“Semakin tinggi kekuatannya, semakin gelap dan lebih pahit biji kopi yang sudah dipanggang,” ujarnya.

Jika Anda melihat kata-kata buah dalam deskripsi, ini menunjukkan beberapa tingkat keasaman, sedangkan deskripsi yang lebih manis dan seperti ada rasa kacang berarti minuman yang lebih aromatik. Jika Anda bingung, belilah biji kopi dari kafe lokal Anda.

Selanjutnya, Anda perlu memilih filter kertas, meskipun Anda memiliki chemex, alat pembuat kopi kaca dengan gaya pour-over. Mereka membuat “seduhan sangat bersih”. Harris menggunakan 60 gram kopi per liter air rebus, secara bertahap dituangkan melalui filter.

Pendiri Bean Shot Coffee di Bruton, Somerset, Nick Law juga merekomendasikan chemex atau aeropress. “Ini adalah perangkat yang bagus dan serbabisa, dan Anda dapat membawanya ke mana saja,” kata Law, yang menggunakan air 18-20 gram per 240 ml, yang harus disaring dan sekitar 90 Celsius.

Bisa juga dengan dripper kopi pintar. “Ini memiliki sedikit stopper di bagian bawah (dripper kerucut),” kata Hoffman.

Baca juga : Minum Kopi Bisa Hilangkan Lemak Visceral, Tapi ...

Dia mengaduk 18 gram kopi medium-fine ke dalam air 300 gram. Harris menyebut, cafetiere juga dapat menghasilkan hasil yang luar biasa. Hoffmann menggunakan 60-70 gram kopi per liter air di dalam cafetiere-nya.

Dia membiarkannya selama empat menit, mengaduk permukaan keras yang terbentuk di atasnya, dan mengambil residu. Biarkan bubuk kopi mengendap di dasar, lalu masukkan hanya sejauh permukaan cairan dan tuangkan dengan lembut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement