Jumat 27 Jan 2023 21:43 WIB

Kopi Rasa Pisang Hingga Kue Nastar Indonesia Dilirik Barista Italia

Sekolah barista Italia tertarik mengeksplorasi racikan kopi barista Indonesia.

Sekolah barista Italia tertarik mengeksplorasi racikan kopi barista Indonesia.
Foto: www.freepik.com
Sekolah barista Italia tertarik mengeksplorasi racikan kopi barista Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan dan inovasi industri kopi tanah air rupanya menarik perhatian sejumlah pihak dari sekolah barista dan kopi Italia Espresso Academy. Hal ini disampaikan Sherley Ruslie, pendiri Rasa Group pada semi final kompetisi Barista Innovation Challenge (BIC) 2022 yang digelar timnya di Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (27/1/2023).

Sherley mengatakan, pihak Espresso Academy melihat ragam inovasi minuman berbasis kopi para kontestan BIC 2022 yang amat kreatif dan berbeda melalui rekaman video yang ditayangkan di sejumlah media sosial. "Karena di Italia mereka biasanya hanya minum espresso, latte, cappuccino, that's it, ternyata bisa ya kopi tidak hanya pakai mesin kopi tapi diracik dengan bahan-bahan lain dan ekstensif sekali, itu mereka sangat mengapresiasi dan bahkan mereka mau eksplorasi lebih lanjut," imbuh Sherley.

Baca Juga

Bagaimana tidak, selain kekayaan Indonesia akan jenis kopinya, seluruh barista bertalenta yang menjadi peserta BIC 2022 ini juga mampu menciptakan berbagai resep baru yang unik dan belum pernah terpikirkan sebelumnya. Jonathan Kevin Julian misalnya, kontestan asal Jogjakarta ini mampu menciptakan resep unik percampuran biji kopi lokal dengan rasa dan aroma pisang, madu, black forest pisang, serta buah cranberry.

Bak koktail, penyajian kopi ini terlihat cantik dan tidak seperti penyajian kopi pada umumnya. Ada pula barista asal Surabaya, Alexander Okky yang menciptakan resep kopi lokal dengan rasa kue nastar.

 

"Mereka menyajikan minuman dari kreativitas dan inovasinya, resep yang mereka buat tidak menjiplak tetapi mereka benar-benar menciptakan dari nol," ujar Sherley.

Adapun rangkaian kompetisi BIC 2022 dimulai sejak Oktober 2022 hingga Januari 2023, dengan total lebih dari 120 peserta dari seluruh provinsi di tanah air. Tahap semi final berlangsung hari ini dengan menyisihkan total 12 peserta menjadi lima orang yang akan maju ke babak final pada Sabtu (28/1/2023).

Bekerja sama dengan Espresso Academy, pemenang ajang pencarian barista terbaik se-Indonesia ini akan berkesempatan untuk melakukan studi singkat di sekolah barista itu, selain mendapat sertifikasi internasional. Diketahui menurut Ceoworld Magazine, Espresso Academy Italia masuk dalam 10 besar sekolah barista dan kopi terbaik di dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement