Senin 30 Jan 2023 20:18 WIB

BSI Digination Ajak Pelajar SMK Mengenal Dunia Podcast

Para siswa/i SMK bahkan diajak membuat 'podcast' secara langsung bersama narasumber.

Menggandeng perusahaan startup Digital Creative Center (DCC) atau Lab AlfaOne, Universitas BSI kampus Cikampek sukses menggelar BSI Digination dengan memperkenalkan dunia podcaster.
Foto: Dok. Universitas BSI
Menggandeng perusahaan startup Digital Creative Center (DCC) atau Lab AlfaOne, Universitas BSI kampus Cikampek sukses menggelar BSI Digination dengan memperkenalkan dunia podcaster.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- BSI Digination 2023 merupakan salah satu event dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai kampus digital kreatif. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menjawab tantangan dari era digital dan industri kreatif yang semakin berkembang.

Menggandeng perusahaan startup Digital Creative Center (DCC) atau Lab AlfaOne, Universitas BSI kampus Cikampek sukses menggelar BSI Digination ini, Kamis (26/1/2023) lalu. Bertempat di Aula Universitas BSI kampus Cikampek, event ini berisi open house, talkshow digital creative, serta kunjungan industri bersama siswa/i.

Baca Juga

Mengangkat tema 'Opportunities in Creative Industry', Ibnu Alfarobi selaku CEO Digital Creative Center dan Muhammad Tsabit selaku Head of BSI TV & radio, dan Nurul Ichsan selaku Content Creator Specialist, hadir sebagai narasumber. Di samping itu, siswa/i dari SMK Texmaco Purwasari juga mendapatkan ilmu seputar podcast dengan mempraktekkannya langsung bersama narasumber.

Ibnu menyampaikan materi mengenai dunia podcaster kepada siswa/i dengan mempraktekannya bersama empat perwakilan siswa/i dari SMK Texmaco Purwasari. Ia menjelaskan Langkah-langkah bagaimana menyiapkan sebuah podcast yang menarik.

“Di dalam dunia podcast ada empat pemeran penting untuk menciptakan sebuah podcast yang menarik. Mereka adalah pembawa acara, narasumber, juru kamera dan pengatur acara. Jika keempat itu bisa berjalan kompak dengan kreativitasnya masing-masing, tidak menutup kemungkinan terciptanya podcast yang sangat menarik,” jelas Ibnu Alfarobi, dalam keterangan rilis, Senin (30/1/2023). 

Di sisi lain, Tsabit menambahkan, hal yang penting lainnya dalam pembuatan sebuah podcast. Menurutnya, selain podcast hal ini juga dapat mempengaruhi nilai sebuah karya dunia broadcasting.

“Sebuah karya dalam dunia penyiaran dapat telihat dari kualias audio dan visual. Karena, karya yang baik adalah karya yang tidak cacat audio visual,” imbuhnya. 

Alfi Khoirudin Yusuf selaku guru pembimbing dari SMK Texmaco Purwasari mengaku BSI Digination merupakan acara yang bermanfaat bagu para siswa. Pasalnya, ia melihat siswanya sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan BSI Digination ini dari awal sampai akhir, terutama saat praktik podcast.

“Untuk kedepannya saya harap kegiatan seperti ini bisa terselenggara kembali. Karena, event seperti BSI Digination ini sangat bermanfaat bagi siswa/i mengenai seputar dunia digital kreatif. Apalagi, saat ini zamannya sudah zaman serba digital. Jadi memang, event seperti ini sangat bermanfaat sekali,” tandas Alfi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement