Senin 30 Jan 2023 20:47 WIB

Tak Hanya bagi Masyarakat, BSI Explore 2023 Beri Kesan Mendalam bagi Mahasiswa

Mahasiswa peserta BSI Explore 2023 terjun langsung menggali potensi masyarakat desa.

Peserta BSI Explore 2023 yang merupakan mahasiswa Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak mulai terjun langsung menggali potensi desa di Kubu, Kubu Raya, Kalimantan Barat.
Foto: Dok. Universitas BSI
Peserta BSI Explore 2023 yang merupakan mahasiswa Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak mulai terjun langsung menggali potensi desa di Kubu, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Telah dua pekan berlalu, peserta BSI Explore 2023 yang merupakan mahasiswa Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak mulai terjun langsung menggali potensi desa di Kubu, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Kegiatan yang akan berakhir pada Februari 2023 mendatang ini telah memberikan dampak positif pada masyarakat Kubu. 

“Kami mengajak siswa/i SDN 01 Kubu, untuk peduli terhadap lingkungan, yang telah diimplementasikan dalam daur ulang sampah. Yakni, pembuatan pot dari botol bekas, sehingga anak-anak akan belajar untuk memilah sampah melalui daur ulang dan menjadikan sampah sebagai produk yang lebih berguna,” ujar Dinda, salah satu mahasiswi peserta BSI Explore 2023, dalam keterangan rilis, Senin (30/1/2023). 

Baca Juga

Dinda bersama rekan sekelompok lainnya, merupakan kelompok juga aktif terlibat mengajar kepramukaan, menari, senam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Tak hanya fokus pada sekolah, mereka juga melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat, dengan memberikan pelatihan dasar pengenalan komputer, gotong royong membersihkan lingkungan warga, dan menggali potensi desa. 

“Desa Kubu memiliki makam Raja Kubu dan Keraton Kubu yang merupakan salah satu destinasi wisata. Dengan membersihkan lingkungan sekitar pusat objek wisata, kita juga turut melestarikan budaya dan objek wisata setempat,” imbuhnya. 

Menurut Dinda, kegiatan BSI Explore ini sangat bermanfaat dan menyenangkan. Terlebih, mereka bisa langsung terjun ke masyarakat untuk mengimplementasikan ilmu yang dimiliki dan mengembangkan soft skill, serta hard skill. 

Menanggapi hal ini, Yoki Firmansyah selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL) mengatakan, melihat mahasiswa terjun langsung ke masyarakat membuatnya cukup terkesan. 

“Selama dua pekan berlalu, mahasiswa ini mampu membuktikan bahwa mereka telah banyak berkontribusi pada masyarakat. Mahasiswa memang perlu mendapatkan pelajaran di masyarakat, dan tidak boleh terlaku dikekang di kampus. Di desa Kubu, saya melihat kreativitas dan inovasi dari mahasiswa tergambar dengan jelas. Semoga tim ini dapat suskes dan membuat hasil dan memberikan dampak perubahan baru bagi desa Kubu maupun SDN 01 Kubu,” tutup Yoki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement