Rabu 01 Feb 2023 19:48 WIB

Sebagian Arab Saudi Diprediksi Dilanda Badai Debu, Petir, dan Salju Hingga Jumat

Hujan ringan hingga sedang diperkirakan terjadi pada Rabu (1/2/2023) di Makkah.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Tenda didirikan di dekat mobil yang diparkir saat salju turun di Provinsi Tabuk, Arab Saudi. Sebagian Arab Saudi Diprediksi Dilanda Badai Debu, Petir, dan Salju Hingga Jumat
Foto: Mohamed Al Sultan/Reuters
Tenda didirikan di dekat mobil yang diparkir saat salju turun di Provinsi Tabuk, Arab Saudi. Sebagian Arab Saudi Diprediksi Dilanda Badai Debu, Petir, dan Salju Hingga Jumat

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Pihak berwenang di Arab Saudi telah mengeluarkan peringatan cuaca yang mencakup sebagian besar wilayah Saudi hingga Jumat (3/2/2023). Ramalan cuaca memperingatkan akan terjadi angin kencang, badai debu, badai petir dengan intensitas bervariasi, salju, penurunan suhu dan embun beku, serta pasang naik.

Dilansir di Arab News, Selasa (31/1/2023), angin permukaan diperkirakan mencapai kecepatan lebih dari 60 kilometer per jam dan dapat menyebabkan badai debu yang mengakibatkan jarak pandang terbatas di beberapa bagian seperti wilayah Tabuk, Al Jawf, Wilayah Perbatasan Utara, Hail, Al Qassim, Provinsi Timur, Riyadh , Mekkah dan Madinah. Pasang surut bisa naik di daerah tersebut, mencapai lebih dari 2,5 meter.

Baca Juga

Badai petir sedang hingga lebat, disertai hujan lebat dan hujan es diperkirakan terjadi pada hari Rabu di wilayah Tabuk (mempengaruhi Tabuk, Haql, Al Wajh, Duba, Umluj, Neom, Sharma dan Taima), Wilayah Perbatasan Utara (Rafha, Arar dan Turaif), Al Jawf (Sakaka, Dumat Al Jandal, Al Qurayyat dan Tabarjal), Provinsi Timur (Hafar Al Batin, Al Khafji, Al Nairyah dan desa Al Olaya), dan sebagian besar Hail dan Al Qasim.

Hujan ringan hingga sedang diperkirakan terjadi pada Rabu (1/2/2023) di Provinsi Makkah (termasuk kota Makkah, Jeddah, Rabigh, Taif, Jamum, Al Kamil, Khulais dan Bahra), Madinah (Ais, Badr, Yanbu, AlUla, Khaybar Madinah, Al Mahd, Wadi Al Fara dan Al Hanakiya), Provinsi Timur (Qatif, Dammam, Dhahran, Al Khobar, Abqaiq dan Al Ahsa) dan Riyadh (ibu kota, Al Kharj, Al Muzahimiyah, Al Quwayiyah Al Majma 'ah, Al Zulfi, Al Ghat, Shaqra, Ramah, Al Dawadmi dan Afif).

Peramal cuaca mengatakan ada kemungkinan turun salju pada hari Rabu di puncak di wilayah Tabuk (di Jabal Al Lawz, Alaqan, Al Dhuhr), dan suhu akan turun mulai Rabu di wilayah Tabuk, Al Jawf, Perbatasan Utara, Hail dan utara Madinah. Suhu minimum diperkirakan mencapai antara nol dan empat derajat celcius, dengan kemungkinan embun beku di beberapa daerah. Di Al Qassim, Riyadh dan utara Provinsi Timur, suhu diperkirakan turun antara empat dan tujuh derajat celsius mulai Kamis (2/2/2023).

Pusat Meteorologi Nasional menyarankan masyarakat memeriksa saluran resmi untuk pembaruan ramalan dan mendesak mereka mengikuti instruksi apa pun dari pihak berwenang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement