Selasa 14 Feb 2023 05:43 WIB

Jika Kenaikan Biaya Haji Terlalu Tinggi, Calon Jamaah Haji Ini akan Tunda Keberangkatan

Calon jamaah haji ini harap kenaikan biaya haji 2023 tak lebih dari Rp 10 juta.

Rep: c02/ Red: Muhammad Hafil
Jika Kenaikan Biaya Haji 2023 Terlalu Tinggi, Calon Jamaah Haji Ini akan Tunda Keberangkatan. Foto:Ribuan Muslim melakukan Sai
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Jika Kenaikan Biaya Haji 2023 Terlalu Tinggi, Calon Jamaah Haji Ini akan Tunda Keberangkatan. Foto:Ribuan Muslim melakukan Sai

IHRAM.CO.ID, SOLO -- Nilai Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2023 dijadwalkan akan diputuskan, Selasa (14/2/2023) besok. Heri Purwanto (66 tahun) salah seorang calon jamaah haji asal Kismorejo RT 02 RW 10 Mojosongo, Jebres jika dirasa kenaikan terlalu berat dirinya akan menunda keberangkatan.

"Ya kalau saya ya harapannya nggak naik wong saya kan dah lunas dulu, kalau memang nanti ada memang yang sudah lunas dinaikkan ya kalau bisa diangkat (berangkat) kalau tidak bisa ya minta ditunda dulu," katanya saat dihubungi Senin (13/2/2023).

Baca Juga

Sebagai pensiunan, Heri mengaku bahwa dirinta hanya mampu membayar apabila ada kenaikan di kisaran angka 10 juta rupiah untuk biaya naik haji. Namun, ia tetap berharap angka kenaikan ada di bawah itu.

"Kalau bisa ya lebih rendah, kalau endak bisa segitu dah maksimal," katanya berat.

Heri mengaku berat apabila biaya haji akan dinaikkan. Pasalnya, ia telah menunggu selama 11 tahun untuk menunaikan ibadah di tanah suci tersebut. Hari masih merasa resah dan menanti daftar apakah dirinya masuk di kuota haji tahun ini.

"Ya keberatan lah, kalau yang belum lunas mungkin untuk tahap pertama ya bisa dimaklumi. Karena kalau menurut rencana itu sebesar itu ya ndak mampu, Ndak mau semua, itu untuk orang yang pas-pasan lo. Kalau yang mampu semua bisa. (Ditunda?) Saya terpaksa nanti cari-cari kalau sudah pasti (berangkat)," katanya.

Ditanya apakah ada sosialisasi dari Kemenag Solo terkait wacana kenaikan harga biaya haji tahun ini ia mengatakan tidak ada. Heri mengaku banyak mendengar selentingan soal biaya haji dari media massa. "Belum ada, kalau wacana ya denger-denger dari media massa itu. Kalau kepastian belum ada dari kemenag

Putusannya," pungkasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement