Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ilhami Nurlaili

Pentingnya Air Minum bagi Hewan Peliharaan

Eduaksi | Thursday, 04 May 2023, 21:06 WIB

Apa yang akan terjadi jika kita kekurangan air atau tidak cukup minum? Tentunya kita akan mengalami dehidrasi yang dapat membuat kondisi tubuh lebih tidak sehat. Kita harus mendapat asupan air yang cukup setiap harinya agar tidak dehidrasi, lantas apakah hal tersebut juga berlaku pada hewan peliharaan yang kita pelihara?

Mirip seperti manusia, tubuh hewan juga terdiri dari 75% air ketika baru lahir dan 60% ketika sudah dewasa. Hampir seluruh metabolisme yang terjadi di dalam tubuh memerlukan air agar dapat bekerja dengan baik.

Kebutuhan air pada tiap spesies hewan berbeda tergantung kebutuhannya. Pada kucing dengan berat 4-5 kg, asupan air yang harus tercukupi setiap harinya adalah sebanyak 50 ml/kg berat badan atau sekitar 200ml - 250ml per hari. asupan air yang tidak cukup dapat menyebabkan beberapa penyakit, diantaranya Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD), terbentuknya batu atau kristal pada kantung urin, dan yang paling parah adalah Chronic Kidney Disease. Berbeda dengan anjing yang memiliki kebutuhan konsumsi air yang lebih besar daripada kucing, yaitu sebanyak 90 ml/kg berat badan.

Masyarakat indonesia saat ini tidak hanya gemar memelihara kucing dan anjing, hewan eksotis juga tidak kalah peminatnya. Salah satu yang paling banyak dipelihara adalah gecko. Jumlah air yang dibutuhkan gecko tidak dapat dipastikan jumlahnya karena gecko termasuk hewan yang jarang minum, namun kita tidak boleh menyepelekan hal tersebut dengan tidak menyediakan gecko air minum.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image