Kamis 15 Jun 2023 21:37 WIB

Tiba di Madinah, Kloter Kuota Tambahan Hanya Transit

Kedatangan jamaah haji kuota tambahan ini akan berlangsung dari tanggal 15-23 Juni.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Muhammad Hafil
Jamaah haji tiba di Madinah (ilustrasj).
Foto: Republika/Agung Sasongko
Jamaah haji tiba di Madinah (ilustrasj).

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Sebanyak 24 kelompok terbang (kelompol terbang) kuota tambahan tiba di Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah,Kamis (15/6/2023). Rombongan berjumlah 275 jamaah haji ini akan berada di Madinah selama semalam untuk kemudian  diberangkatkan menuju Makkah.

"Menurut informasi dari Kantor Urusan Haji di Jeddah memang kondisi jemaah yang sudah terbang sekitar 9 jam dari Indonesia, sehingga pemerintah Arab Saudi memberikan ketentuan untuk satu malam jamaah haji diistirahatkan atau ditransitkan di Kota Madinah," papar Kepala Seksi Akomodasi Daerah Kerja (Daker) Madinah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Ali Machzumi.

Baca Juga

Meski ada perubahan rencana perjalanan tersebut, PPIH menjamin pemenuhan layanan jamaah secara penuh, mulai dari transportasi akomodasi, katering, hingga bimbingan ibadah. Ali mengatakan telah mempersiapkan hotel-hotel untuk tempat para jamaah kuota tambahan transit. 

Ia mengakui tidak mudah menyiapkan penginapan bagi para jamaah tersebut karena kondisi hotel di seputaran Masjid Nabawi rata-rata dalam kondisi penuh. Wilayah seputaran Nabawi disebut sebagai wilayah Markaziyah. 

"Tentu kami akan menyiapkan sebaik-baiknya untuk jamaah haji. Kalau nanti di kemudian hari 1-2 hari ke depan apabila kondisinya di Markaziyah sudah tidak memungkinkan, kita akan carikan hotel di tempat lain yang sekiranya layak dan nyaman untuk jemaah haji kita," papar Ali. 

Pada hari pertama kedatangan kloter kuota tambahan di Madinah hari ini, Kamis (15/6), hanya ada satu kloter yang tiba, yakni kloter 21 embarkasi Balikpapan (BPN-21). Kloter tersebut mengangkut 275 jemaah ditambah 2 petugas kloter. Mereka diinapkan di Hotel Front Taibah yang terletak hanya sekitar 50 meter dari pelataran Masjid Nabawi. 

 Kloter perdana kuota tambahan dijadwalkan tiba di Bandara AMAA Madinah, Kamis 15 Juni 2023 besok pukul 12.45 Waktu Arab Saudi (WAS). 

"Mulai besok, jamaah haji kuota tambahan akan mulai tiba di Bandara Madinah. Karena traffick di Bandara Jeddah sudah padat, maka untuk kuota tambahan ini diarahkan ke Bandara Madinah," Ujar Kepala PPIH Daker Bandara, Haryanto, Rabu (14/6/2023) sore.

Menurutnya, Jamaah haji kuota tambahan ini akan dibangun menjadi 24 kelompok terbang (Kloter) Namun untuk penerbangan, kemungkinan berjumlah 20 penerbangan. 

"Untuk flight ada 20. Untuk sisa 4 kloter lainnya kemungkinan akan digabungkan menjadi satu di akhir penerbangan," ungkapnya.

Kedatangan jamaah haji kuota tambahan ini akan berlangsung dari tanggal 15-23 Juni 2023. Berbeda dengan gelombang satu gelombang kedua, kedatangan jamaah haji kuota tambahan ini tidak banyak. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement