Selasa 19 Sep 2023 20:16 WIB

Arab Saudi Luncurkan Pusat Rintisan Terbesar di Timur Tengah

Tempat bernama The Garage iini menampung lebih dari 300 perusahaan startup.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Suasana kota Riyadh, Arab Saudi di malam hari.
Foto: Saudi Gazette
Suasana kota Riyadh, Arab Saudi di malam hari.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- RIYADH -- Arab Saudi meluncurkan pusat startup (rintisan) terbesar di Timur Tengah yang dinamai 'The Garage'. Terletak di Kota Raja Abdulaziz untuk Sains dan Teknologi di Riyadh, The Garage memiliki luas 28 ribu meter persegi sehingga mendapatkan gelar pusat inovasi terbesar di Timur Tengah.

Tempat ekosistem startup itu semula adalah bangunan bekas parkir yang kemudian diubah menjadi ruang kerja dan menjadi pusat inovasi terbesar di Timur Tengah. Tempat ini menampung lebih dari 300 perusahaan startup, sebagaimana dilansir Saudi Gazette, Selasa (19/9/2023).

Baca Juga

Fasilitasnya antara lain 24 ruang pertemuan canggih, ruang acara luas yang mampu menampung lebih dari 1.000 orang, dan area lokakarya khusus. Perjalanan The Garage dimulai pada April 2022, ditandai dengan misinya untuk memberdayakan dan membina startup.

The Garage telah menjalin kemitraan yang berharga selama ini, termasuk kolaborator terkemuka seperti Google untuk Startup dan Pusat Pengembangan Teknologi Informasi Nasional. Beragam program yang ditawarkan di The Garage mencakup "The Garage Plus," yang dirancang untuk mempercepat pertumbuhan startup, "ACCESS" untuk startup, "The Garage Incubator," "MVP Lab," "GAIA Startup Accelerator," dan program perdana “Antler” di Timur Tengah.

Dalam rentang 10 siklus program, The Garage telah berhasil meluluskan lebih dari 230 perusahaan startup dan membina 450 pendiri yang berasal dari lebih dari 50 negara di seluruh dunia. Startup-startup ini tidak hanya mencapai tonggak penting selama masa jabatan mereka di The Garage tetapi juga secara kolektif menghasilkan pendapatan melebihi 24,5 juta riyal Saudi atau sekitar 6,5 juta dolar AS.

Selain itu, mereka juga telah mendapatkan investasi besar senilai lebih dari 215 juta riyal Saudi atau sekitar 57,3 juta dolar AS, selain mendapatkan manfaat dari program pelatihan komprehensif.

The Garage telah menjadi tuan rumah bagi lebih dari 40 acara, menarik partisipasi dari 150 startup lokal dan internasional. Acara-acara ini telah menarik lebih dari 3.500 peserta, yang terdiri atas mitra, investor, wirausahawan yang berpikiran maju, dan pakar industri.

Peresmian The Garage menandakan momen penting dalam lanskap startup lokal dan global. Hal ini membuka pintu bagi para pendiri untuk bergabung dengan komunitas The Garage, menawarkan mereka akses ke ekosistem mitra dan inovator yang terintegrasi.

The Garage bertekad menjadi tujuan akhir bagi startup teknologi, menawarkan model bisnis unik yang mencakup inkubasi, akselerasi, dan segudang layanan dukungan. Ini bukan sekedar ruang kerja melainkan juga mewakili cara hidup dan pusat komunitas.

Terletak di lokasi yang sangat strategis, pusat ini memberikan kedekatan dengan para pemikir kreatif dan laboratorium nasional di berbagai bidang, menciptakan lingkungan yang menginspirasi bagi setiap inovator dalam mencari individu yang berpikiran sama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement