Ahad 11 Feb 2024 22:17 WIB

Arab Saudi Buka Pendaftaran Haji untuk Jamaah Dalam Negeri

Untuk haji 2024, akan ada empat pilihan paket yang ditawarkan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Suasana di Kawasan Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Sabtu (29/4/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Suasana di Kawasan Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Sabtu (29/4/2023).

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Kementerian Haji dan Umrah Saudi telah mengumumkan dimulainya pendaftaran ibadah haji bagi jamaah domestik atau dalam negeri. Untuk haji 2024, akan ada empat pilihan paket yang ditawarkan dengan biaya berkisar antara 4.099 riyal (Rp 17 juta) dan 13.265 riyal (Rp 56 juta).

Dilansir dari Saudi Gazette, Ahad (11/2/2024), warga negara Saudi dan ekspatriat di Kerajaan, yang ingin melaksanakan ibadah haji dapat segera mendaftar melalui aplikasi Nusuk dan situs web kementerian melalui tautan https://Localhaj.haj.gov.sa.

Baca Juga

Kementerian mengungkapkan perrincian dari empat paket yang tersedia untuk peziarah domestik. Paket pertama tersedia dengan harga 10,366,10 riyal merupakan paket dengan kamp yang dirancang untuk menyediakan layanan kelas atas dan tingkat yang nyaman bagi jamaah.

Sedangkan paket kedua akan dialokasikan ke kamp perhotelan di Mina dengan harga 8.092,55 riyal. Jamaah yang memilih paket ketiga harus membayar tarif tertinggi sebesar 13.265,25 riyal.

Mereka akan mendapatkan akomodasi di salah satu dari enam menara di Mina yang terletak dekat dengan Jembatan Jamarat. Kemudian, paket keempat merupakan paket ekonomis yang menawarkan harga 4.099.75 riyal.

Semua harga sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN), tetapi tidak termasuk biaya transportasi ke dan dari Makkah melalui darat atau udara.

Kementerian mengklarifikasi biaya transportasi ke dan dari Mekah akan ditambahkan ke harga paket pertama dan kedua, sedangkan biaya transportasi di Situs Suci Mina, Arafat dan Muzdalifah dengan kereta atau bus Mashair ditambahkan sesuai dengan lokasi kamp, selain biaya transportasi ke dan dari titik pertemuan.

Di bawah paket ketiga, transportasi antara Situs Suci akan melalui kereta Mashair saja. Adapun paket keempat biaya transportasi ditambahkan dari kediaman peziarah di Makkah ke situs Mina untuk melakukan ritual rajam di Jamarat dengan bepergian dengan bus dan kemudian di atas kereta Mashair pada hari-hari Tashreeq (Dzulhijjah 11, 12, dan 13).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement