Jumat 01 Mar 2024 21:32 WIB

Allah Menyukai Hamba yang Beramal Saleh

Penting bagi umat Islam untuk beramal saleh.

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi: Masjid tempat ibadah umat Muslim.
Foto: Anadolu Agency
Ilustrasi: Masjid tempat ibadah umat Muslim.

IHRAM.CO.ID, DEPOK – Sudah menjadi kewajiban bagi setiap Muslim yang beriman kepada Allah SWT untuk melakukan amalan – amalan saleh. Allah SWT sangat menyukai hambanya yang beramal saleh sehingga Nabi Muhammad SAW melakukan amalan tersebut dengan cara menjaga hati, lisan, dan perbuatannya. Tetapi, seberapa penting amal saleh bagi seorang Muslim?

“Ingatlah, Anda berada di hari-hari harapan dan di baliknya berdiri kematian. Barangsiapa beramal (saleh) dalam hari-hari harapannya sebelum datang kematiannya, amalnya akan bermanfaat baginya dan kematiannya tidak akan merugikannya. Tetapi, orang-orang yang tidak beramal (saleh) dalam masa harapannya sebelum datang ajalnya, amalnya adalah sia-sia dan kematiannya adalah suatu kemudaratan baginya,” dikutip dari buku karya Prof. Ali Muhammad Shalabi yang berjudul, Shirah Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib, yang berasal dari khutbah Nabi Muhammad SAW, Jumat (01/03/2024).

Baca Juga

Pemahaman yang tumbuh dan berkembang dalam diri Nabi Muhammad SAW dan para sahabat itulah yang menjadikan karakter dan menjadi mengakar di alam bawah sadar mereka sehingga memiliki orientasi hidup yang fokus pada akhirat dan tidak dapat dipisahkan dari hidup mereka.

Bahkan jika ada seorang umat Muslim yang tidak melakukan apa – apa, tetapi ia tersenyum kepada anggota keluarga, tetangga, atau siapapun yang dilihat dan bertemu ia menyempatkan tersenyum kepada mereka juga merupakan bagian dari iman dan amal saleh. Seperti jang dijelaskan pada hadits riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda,

أبي ذرّ رضي الله عنه قال : قالَ لي النبي صلى الله عليه و سلم : لاَ تَحْقِرَنَّ منَ المعْرُوفِ شَيْئاً ولوْ أنْ تَلْقَ أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ)).

Artinya : “Dari Abi Dzar radhiallahu anhu, Rasulullah bersabda: “Janganlah kamu meremehkan kebaikan sekecil apa pun, sekalipun engkau bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri.” 

Dijelaskan juga pada surat Al-Baqarah ayat 263,

قَوْلٌ مَعْرُوفٌ وَمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِنْ صَدَقَةٍ يَتْبَعُهَا أَذًى ۗ وَاللَّهُ غَنِيٌّ حَلِيمٌ

Artinya : “Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.” 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement